APLIKASI TUKUPOS GARAPAN DOSEN IT TELKOM PURWOKERTO BANTU GRIYA UMKM PURBALINGGA

Dosen IT Telkom Purwokerto yang terdiri dari Novian Adi Prasetyo, M.Kom dan Arief Rais Bahtiar, M.Kom menciptakan aplikasi TUKUPOS untuk UMKM di Purbalingga. Keduanya membawa misi membantu UMKM dalam memanajemen keuangan penjualan secara digital dengan menggunakan aplikasi yang mudah digunakan, user-friendly, serta terjangkau oleh budget yang dimiliki UMKM daerah. 

Dokumentasi tampilan aplikasi TUKUPOS

Menurut Novian, manajemen keuangan di UMKM selama ini masih manual dan kurang praktis, sehingga dibuatlah sistem sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh mereka. 

“Selama ini kan manajemen keuangannya masih konvensional. Jika menggunakan sistem, harapannya bisa memudahkan” Ungkap Novian.  

Kegiatan ini dimulai sejak bulan Agustus 2022 silam, diawali dengan penjajakan hingga terbentuknya aplikasi yang siap pakai. Tidak membutuhkan waktu lama, pada akhir bulan September Novian bersama tim sudah bisa memberikan pelatihan penggunaan aplikasi tersebut kepada 5 mitra UMKM yang merupakan Paguyuban Ecoprint Purbalingga yakni Mbabar Godhong Ecoprint, Keenan Id Ecoprint, Rondho Ayu Ecoprint, Ritifa Ecoprint, Ilva Ecoprint, dan Umiquniq Ecoprint. 

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan antusias dari pelaku UMKM setempat. Meski begitu, aplikasi ini akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan masukan dari para user

“Untuk sarannya kemarin sih, dari UMKM nya perlu beberapa fitur tambahan yang berguna untuk kebutuhan bisnis mereka yang belum ada pada aplikasi ini..” tambah Arief, salah satu anggota tim.

Keduanya berharap, aplikasi yang mereka buat bisa konsisten digunakan oleh masyarakat, sehingga bisa dirasakan manfaatnya. 

“Semoga aplikasi ini dapat memberikan manfaat secara nyata dan membantu UMKM didaerah lain kedepannya,” harap Novian.

Kedepan memang ia berencana untuk mengembangkan aplikasi yang serupa tetapi untuk UMKM dengan bidang yang berbeda. 

“Rencananya akan coba diterapkan juga ke UMKM yang bergerak balam bidang makanan..” imbuhnya.

Novian dan Arief mempunyai niatan bahwa sumbangsih mereka tidak hanya berhenti di Purbalingga saja, bahkan bisa merambah ke lokasi lain. Agar semakin banyak UMKM yang terbantu dengan digitalisasi proses penjualan.

Kita dapat bersama – sama melihat keseruan pengmas melalui tautan video pada YouTube : PkM Pelatihan Aplikasi Kasir TukuPos untuk Paguyuban Eco Print Purbalingga. (ITW)

Dokumentasi saat Dosen IT Telkom Purwokerto menemani sekaligus memberikan pengarahan terhadap penggunaan aplikasi TUKUKOS kepada para pelaku UMKM
Dokumentasi saat pelaku UMKM sedang melakukan testing alikasi TUKUPOS

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait