Bangga! Mahasiswa IT Telkom Purwokerto Wakili Jawa Tengah di Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Kemenpora RI

Eko Prasetyo, mahasiswa program studi Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto, berhasil lolos menjadi peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) angkatan IV yang diselenggarakan oleh Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda, pada Deputi II Pengembangan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olaharaga.

PKPMN merupakan program unggulan Kemenpora yang setiap tahun terselenggara yang berfokus pada pendidikan pemuda untuk menjadi kader pemimpin muda nasional.

Tahun 2023, PKPMN memasuki angkatan IV dengan pendaftar mencapai 1000 orang. Total dari 1000 pendaftar kemudian mengikuti serangkaian seleksi yang meliputi seleksi administrasi, CAT (Computer Assisted Testing) dan wawancara hingga mengerucut menjadi 100 orang yang terpilih.

PKPMN angkatan IV tahun ini diselenggarakan di Jakarta pada 2-16 Oktober 2023. Adapun kegiatan PKPMN meliputi kunjungan ke lembaga negara seperti : KPK, DPR, MK, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Huawei Indonesia, dan Kemenpora. Pematerian dari BPKP , UNJ, Kemenparekraf, Kominfo, BSSN, dan BNN. Selain itu, PKPMN tahun ini diadakan juga Pendidikan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dari LEMHANAS RI.

Dari 100 orang peserta ini mewakili semua provinsi yang ada di Indonesia dan dari berbagai macam elemen organisasi, dari mulai organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, komunitas, pemuda pelopor, dan berprestasi.

Mahasiswa IT Telkom Purwokerto Wakili Jawa Tengah di Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Kemenpora RI

“Saya senang bisa lolos tahap akhir dan bisa merasakan pendidikan kepemimpinan nasional melalui PKPMN. Bisa belajar dari 100 pemimpin muda yang ada di Indonesia dengan latar belakang yang berbeda, menjadi keistimewaan tersendiri” ujar Eko.

Ketika mendaftar program PKPMN IV ini, Eko mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah. Selain itu, mempersiapkan esai proyek perubahan menjadi salah satu syarat seleksi administrasi sebelum mendaftar PKPMN ini.

“Harapan mengikuti PKPMN angkatan 4 ini bisa menambah relasi nasional untuk bisa berkolaborasi lintas daerah. Selain itu, bisa mengenalkan ITTP kepada peserta PKPMN” tutup Eko.

Editor :

Silvia VM.

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait