Berkarya di Tengah Pandemi, Prodi DKV ITTP Launching Galeri Seni Virtual

Pandemi Covid 19, tidak membatasi dosen dan mahasiswa Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) ITTP untuk tetap berkarya. Pada Jumat (23/7) kemarin, DKV secara resmi me-Launching Galeri Seni Virtual “DKV Virtual Tour” dan Pameran Virtual Call”Art”Boration melalui channel YouTube ITTP TV (https://youtu.be/G2H-4wmwTdo). Launching galeri seni kemarin juga turut melibatkan tokoh seniman asli Banyumas yakni Ahmad Tohari dan Nasirun. 

Dokumentasi Nofrizaldi, M.Sn, secara resmi membuka Galeri Seni Virtual DKV
Dokumentasi Nasirun, pada acara Launching Galeri Seni Virtual DKV
Dokumentasi Ahmad Tohari, pada acara Launching Galeri Seni Virtual DKV

Call”Art”boration dipilih sebagai tema pameran virtual mengingat acara ini memang merupakan kolaborasi antara prodi DKV ITTP dengan Universitas Kuningan. Dimana karya seni yang ditampilkan pada saat pameran juga adalah kolaborasi karya dosen dan mahasiswa kedua perguruan tinggi tersebut. 

Para pengunjung dapat menikmati hasil karya seninya melalui aplikasi DKV VIRTUAL TOUR. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur kreasi avatar (fitur animasi yang menggambarkan sosok asli pengguna), sehingga kita dapat ikut berkreasi mengubahnya dan mendapatkan pengalaman yang baru dan menyenangkan. Aplikasi galeri virtual ini dapat diunduh dengan mudah oleh semua kalangan dengan spesifikasi device android melalui Playstore dengan mengetikkan “DKV VIRTUAL TOUR”, atau dengan mengakses link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DKVITTP.DKVVirtualToure.

Berikut ini sedikit dokumentasi dari aplikasi DKV VIRTUAL TOUR :

“Harapan saya, dengan adanya galeri virtual ini bisa memacu para kreator muda untuk bisa berkarya lebih kreatif lagi dan optimal, serta seluruh masyarakat bisa lebih peduli tentang karya seni dan teknologi terkini. Bagi saya, galeri ini merupakan sebuah lompatan besar bagi DKV, membuat suatu ruang pamer virtual untuk masyarakat umum. Saya harap ini bisa jadi wadah positif, kreatif yang bisa diberdayakan dan digunakan untuk ajang pameran karya seni baik skala nasional maupun internasional,” pesan Gandung Anugrah Kalbuadi, M.Ds. selaku Ketua Pelaksana Pameran Virtual

Pada saat launching galeri kemarin, juga diikuti dengan dibukanya Pameran Seni Rupa Banyumas ‘Tepangan’ yang berlokasi di Galeri Satria, Gedung DSP lantai 2 kampus ITTP. Pameran “Tepangan” ini terbuka untuk umum. Sehingga pengunjung yang ingin melihat hasil karya seni secara langsung bisa datang ke lokasi mulai tanggal 1 – 14 Agustus 2021, pada hari senin sampai jumat mulai dari jam 10.00 – 17.00 WIB. Namun tentunya dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat dan juga pemberlakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Event ini digagas dari kolaborasi ide antara Nofrizaldi, S.Sn., M.Sn (Kaprodi DKV ITTP) dan Ferdinanda, S.Sn., M.Sn (Wakil Dekan FRID ITTP), yang kemudian terealisasi dengan kerjasama dosen dan mahasiswa DKV. Salah satu tujuannya, yakni untuk memberikan kesempatan atau ruang unjuk karya bagi kreator – kreator muda, khususnya yang berasal dari daerah Banyumas.

“Kami juga sangat terbuka jika ada pihak yang tertarik dan ingin berkolaborasi dengan kami di prodi DKV ITTP untuk mengadakan pameran seni di Galeri Satria,” pungkasnya. (ITW)

Komentar

Baca Berita terkait