Sabtu (20/2) telah berlangsung closing ceremony sekaligus pertandingan final Indonesia Esport Arena (IDEA) untuk menentukan finalis juara 1 sampai dengan 3. Acara yang diadakan secara online ini dihadiri oleh Tata Sambada, S.T., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Pemasaran kampus IT Telkom Purwokerto, serta perwakilan dari Disporapar Prov. Jateng, Anton Asfihani.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka dengan sambutan dari Tata Sambada, S.T. 

“Game tidak lagi dipandang negatif, membuang waktu, tetapi saat ini sudah jadi e-sport dan dipandang sebagai lomba untuk meraih prestasi. Banyak hal positif yang bisa didapat jika diseriusi. Saya ucapkan selamat untuk semua finalis, sungguh membanggakan karena dari 53 tim, Anda lah yang berhasil menjadi juara. Saya harap pencapaian ini tidak membuat kalian puas, tetapi saya harap kalian bisa mengembangkannya lagi kedepannya. Saya jg berharap event seperti ini, bisa menjadi event tahunan dan bisa menjadi media bersama untuk para penggemar game untuk berkompetisi secara sehat”, ucap Tata Sambada, S.T.

Disporapar Prov. Jateng juga memberikan ungkapan rasa bangganya akan kegiatan yang dimunculkan meski ditengah pandemi seperti sekarang ini. Ia juga mengungkapkan jika event seperti ini sangat bagus dan sepenuhnya didukung oleh Disporapar. Sambutan diakhiri dengan penutupan secara resmi. 

“Dengan ini saya secara resmi menutup acara ini. Saya ucapkan selamat bertanding dan selalu junjung tinggi sportifitas”, pungkas Anton Asfihani. 

Indonesia Esport Arena (IDEA) sendiri merupakan sebuah turnamen esport bergengsi tingkat SMA/MA/SMK se-Indonesia yang diselenggarakan oleh ITTP. IDEA diselenggarakan untuk dapat menjadi wadah bagi para pemain esport muda berkembang, sekaligus untuk memajukan esport di Indonesia. 

Pada pertandingan final kali ini sebanyak 16 finalis berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara. Total peserta kali ini ada 53 tim dari 36 kota/kabupaten di Indonesia. Ke-16 finalis tersebut adalah Never Over, XI E-Sport, Toxic Apocalypse, Pokemon Pengen Jago, Comeback Zelta, D’Force, M2P FT USKA, Ace Evencio, Kara esport, CalmOutlawz, BORI BOKIS, Begayaan Team, Triguna 56, Cranel Family, SMA Institut Indonesia Semarang, dan Over Limit. 

Untuk kalian para gamers dan tertantang untuk berkompetisi dengan sesama gamers lainnya kamu bisa kunjungi https://ideaesports.id/ untuk daftar kejuaraannya. (ITW)

Dokumentasi Tata Sambada, S.T, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Pemasaran kampus IT Telkom Purwokerto
Dokumentasi perwakilan dari Disporapar Prov. Jateng, Anton Asfihan
Dokumentasi acara bersama dengan Ainun Besari dan pemandu acara
Dokumentasi bersama dengan para peserta