ITTELKOM-PWT.AC.ID – Di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda seluruh masyarakat nasional/internasional, salah satu Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengadakan pelatihan konfigurasi hotspot menggunakan perangkat mikrotik yang dilakukan secara online. Pelatihan tersebut diikuti oleh beragam peserta yang berasal dari internal maupun eksternal lembaga.

Narasumber memberikan pelatihan mengenai konfigurasi hotspot gunakan mikrotik

Mega Pranata S.Pd.,M.Kom, narasumber dalam pelatihan menjelaskan, penggunaan mikrotik yang digunakan untuk melakukan konfigurasi pada hotspot sudah tidak asing bagi kalangan praktisi maupun pengguna internet. Akan tetapi, ternyata masih banyak yang belum familiar dengan perangkat mikrotik ini. Sehingga perlu bagi saya untuk berbagi pengalaman kepada para peserta, jelasnya.

Mikrotik sendiri merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk membangun suatu topologi jaringan/hotspot. Sudah ada sejak 1996, dan selalu menjadi salah satu pilihan utama bagi para praktisi jaringan internet dalam mengkonfigurasi jaringan. Karena harganya terjangkau dan memiliki fitur teknologi yang tidak kalah dengan perangkat sejenis lainnya.

Beberapa peserta ikuti pelatihan hingga selesai

Narasumber yang juga Dosen Informatika ITTP ini menambahkan, dalam hotspot gateway mikrotik menyediakan otentikasi untuk klien sebelum melakukan akses ke jaringan publik. Sehingga sebelum melakukan konfigurasi terlebih dahulu harus mereset pengaturan bawaan disesuaikan dengan keinginan para pengguna atau pembuat jaringan.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi masyarakat dalam mengelola jaringan yang mereka punya. Terutama pada masa pandemi sekarang ini, semua sektor aktivitas pekerjaan dilakukan secara online/menggunakan internet sebagai kunci menunjang kelancaran dalam beraktivitas.