ITTELKOM-PWT.AC.ID – Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), pada akhir pekan lalu (1/4) mengadakan pelatihan google data studio. Pelatihan dilakukan secara online dengan peserta yang berasal dari internal maupun eksternal lembaga.

Condro Kartiko S.Kom., M.T.I., dosen sekaligus narasumber dalam acara tersebut mengatakan, bahwa pelatihan google data studio yang dilakukan secara online ini utamanya adalah untuk mengajak masyarakat mengenal ragam fasilitas atau platform pengolahan data secara online. Salah satunya adalah google data studio, melalui aplikasi ini kita bisa mengolah data – data dengan mudah. Karena, dalam aplikasi tersebut segala aspek data bisa diolah. Ini akan bermanfaat bagi masyarakat, terutama ditujukan untuk masyarakat yang bergerak atau memiliki profesi di bidang bisnis, katanya.

Narasumber memberikan materi pelatihan google data studio

“Dengan pelatihan yang dilakukan secara online ini, harapannya bisa menambah wawasan masyarakat dalam mengolah data mereka yang bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan). Karena google data studio itu memiliki kemampuan yang multi matic, multi file, dan bisa terintegrasi kesemua akun google,” tambahnya.

Potret beberapa peserta pelatihan online

Peserta yang mengikuti pelatihan memiliki pandangan positif dengan materi yang disampaikan dan dilatihkan oleh narasumber. “Kami sekarang sudah terbuka, ternyata pengolahan data bisa dilakukan menggunakan google data studio. Terbantu sekali, mudah-mudahan ada pelatihan serupa diadakan kembali. Apalagi dalam kondisi pandemik Covid-19, pelatihan online sangat bermanfaat bagi kami,” jelas salah satu peserta pelatihan Hendra Gustomi yang berasal dari Jambi.