ITTELKOM-PWT.AC.ID – Bertempat di Laboratorium Kendali kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Dosen ITTP mengadakan pengabdian masyarakat (pengmas) dengan tema Robotika, Selasa (20/10). Peserta dalam pengmas kali ini diikuti oleh guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas.

Robotika sendiri saat ini memang tengah menjadi trend bagi para siswa, karena keunikan dan kerumitan dalam menciptakan teknologi di masa depan. Dosen ITTP sendiri memiliki SDM yang mampu menciptakan robot, ini dibuktikan dari keikutsertaan mereka dalam beberapa riset yang diakui secara nasional. Seperti robot ivana, salah satu robot yang bisa membantu tenaga medis saat merawat pasien yang terserang virus COVID-19, khususnya pasien yang sedang dirawat di Ruang Isolasi.

Mas Aly Affandi, S.ST., M.T., salah satu Dosen yang ikut dalam pengmas robotika mengatakan, bahwa acara pengabdian masyarakat dengan tema robot, para peserta sangat antusias mengikuti. Terlebih MAN 2 Banyumas tengah menyiapkan diri untuk mengikuti perlombaan robot dalam waktu dekat ini. “Kami sangat senang para peserta tertarik dengan tema pengmas kali ini. Mudah – mudahan ilmu yang disampaikan bermanfaat dan membantu teman – teman di MAN 2 berhasil menjadi kampiun dalam perlombaan robot mendatang,” katanya.

Robot yang dilatihkan dalam pengmas adalah merancang robot line follower. Robot line follower sendiri adalah robot yang memiliki sistem kerja untuk mengikuti garis secara otomatis. Robot ini juga didukung dengan rangkaian komponen elektronika (sistem arduino), yang dilengkapi dengan roda dan motor untuk robot bergerak.

Terimakasih kepada seluruh tim Dosen yang telah memberikan materi tentang robotika. Menurut kami ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi, mencoba hal baru. “Kami sangat menantikan Kembali pelatihan dengan tema yang serupa. Tidak lupa kami memohon doa dan dukungannya, mudah – mudahan tim MAN 2 Banyumas mampu menjadi yang terbaik dalam perlombaan robot tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MAN),” jelas salah satu peserta yang juga guru bidang Elektronika Toto, S.Pd.

Open chat