Dosen ITTP Kenalkan Edmodo pada Guru SMK

Pandemi yang masih terjadi sampai saat ini tentunya berdampak besar pada kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dahulu dilakukan secara tatap muka, sekarang ini digantikan menjadi online learning. Salah satu media yang bisa digunakan untuk belajar online ini adalah LMS atau Learning Management System

Dengan LMS memungkinkan para peserta didik dan pengajar untuk menggunakan pc (personal computer) ataupun smartphone, sehingga siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun. 

Untuk membantu memaksimalkan sistem ini, 6 dosen yang diketuai oleh Dwi Januarita A.K.,S.T.,M.Kom, beserta dengan 3 mahasiswa dari prodi S1 Sistem Informasi mengadakan pelatihan penggunaan platform LMS Edmodo lewat kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Ma’arif NU 1 Cilongok, pada hari Kamis, (11/2) yang lalu.

Edmodo sendiri merupakan salah satu platform LMS yang dapat digunakan dengan gratis oleh siapapun. Salah satu keunikannya karena Edmodo ini berbasis media sosial. Tidak hanya itu, Edmodo memiliki beberapa kelebihan, seperti adanya fitur note (catatan) dan polling (jejak pendapat). 

“Seperti yang kita ketahui saat ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Para guru kini juga harus terus mengaktualisasi diri dengan metode pembelajaran terbaru agar tidak tertinggal”, ungkap Dra. Nuan Sukini, Kepala Sekolah SMK Ma’arif NU 1 Cilongok. 
Platform ini tentunya dapat membantu guru untuk membuat sebuah kelas virtual dengan berdasarkan pembagian kelas yang nyata dari sekolah, juga disertai dengan berbagai penugasan, soal ujian, dan penilaian pada akhir pembelajaran. Dengan pelatihan ini nantinya guru dan siswa dapat lebih optimal dalam melaksanakan pembelajaran secara online. (ITW)

Dokumentasi tim pengmas ITTP bersama dengan para peserta pengmas dari SMK Ma’arif NU 1 Cilongok

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait