Total sebanyak 20 dosen berhasil mendapatkan dana penelitian dari Kemenristekdikti yang tercantum dalam Surat Pengumuman Nomor B/112/E3/RA.00/2021 , tertanggal : 18 Februari 2021. 

Berikut ini nama – nama dosen beserta judul penelitian yang lolos dana dikti tahun 2021 : 

  1. Ahmad Zaki Yamani, S.T.,M.T – (Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Logistik di Masa Pandemi dengan Metode Theory of Inventive Problem Solving(TRIZ)).
  2. Amalia Beladinna Arifa, S.Pd., M.Cs – (Aplikasi Monitoring Kesesuaian Soal Ujian dan Dokumen RPS Berbasis Mobile).
  3. Apri Junaidi, M.Kom.,MCS – (Pengenalan Objek Jalan Raya untuk Masyarakat Pengguna Sepeda menggunakan Machine Learning dan Internet of Things (IoT)).
  4. Apri Junaidi, M.Kom.,MCS – (Penentuan Kualitas Fertilisasi Telur Ayam Kampung secara Realtime menggunakan MobileNet Architecture).
  5. Arif Wirawan Muhammad, S.Kom.,M.Kom – (Analisis Persepsi Manusia terhadap Warna Berdasarkan Citra Sinyal Otak EFG Mindwave berbasis K-Means Clustering untuk Mendukung Strategi Pengembangan Visual Human Computer Interaction (HCI)).
  6. Ariq Cahya Wardhana, S.Kom.,M.Kom – (Penerapan Requirement Engineering dan Usability menggunakan User Experience Lifecycle untuk Pengembangan Knowledge Management System Inovasi Desa).
  7. Aulia Sholichah Iman Nurchotimah, S.Pd, M. – (Pengembangan E-book Pengawasan Pelayanan Publik untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru PPKN SMA di Kabupaten Banyumas pada Masa Pandemi Covid-19).
  8. Daniel Yeri Kristiyanto, S.Kom., M.Si.,M.Kom – (Rancang Bangun Smart Chrunch Broadcasting sebagai Penguatan Sarana Prasarana Ibadah di Masa Pandemi Covid-19). 
  9. Elianna Gerda, S.Sn.,M.Sn – (Perancangan Prototype Mokit Rumah Adat Tradisional Indonesia (SERI 1 : JOGLO)). 
  10. Gita Fadila Fitriana, S.Kom.,M.Kom – (Aplikasi Prediksi Awal Hujan untuk Menentukan Kalender Tanam Padi Berbasis Android).
  11. Mas Aly Afandi, S.T.,M.T – (Pengembangan Artificial Lighting sebagai Pendukung Proses Pertanian Vertikal).
  12. Muhammad Panji Kusuma Praja, S.T.,M.T – (Ring Resonator Microstrip Band Pass Filter for Lora Communication).
  13. Muhammad Yusro, S.T.,M.Biotech – (Fabrikasi Nanofiber Polyvinylidene Fluoride (PVDF) sebagai Material Filtrasi Unggul pada Masker Anti Virus).
  14. Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST.,M.T – (Kajian Perencanaan Jaringan 5G di Indonesia dengan Frekuensi 2,6 GHz sebagai Solusi Meningkatkan Kualitas Layanan Telekomunikasi berbasis Internet dalam Masa Pandemi).
  15. Nia Annisa Ferani Tanjung, S.Si.,M.Sc – (Deliniasi Zona Upflow dan Outflow Daerah Prospek Panas Bumi Gunung Api Slamet, Jawa Tengah menggunakan Data Anomali Gravitasi Citra Satelit).
  16. Novian Adi Prasetyo, S.Kom.,M.Kom – (Aplikasi Monitoring Praktik Kerja Lapangan sebagai Sarana Pelaporan dan Pemantauan Online untuk SMK dan Perguruan Tinggi menggunakan Scrum Framework).  
  17. Shintia Dwi Alika, S.Pd.,M.Pd – (Pemahaman Siswa Disabilitas Tuna Rungu dengan Media Interaktif Lagu (Merakit-Yura Yunita) Berbahasakan Isyarat BISINDO pada Pembelajaran Daring di Sekolah Luar Biasa B Yakut Purwokerto).
  18. Titi Indarwati, S.T.,M.Sc (Strategi Kebijakan Manajemen Persediaan pada Industri Kreatif di Masa New Normal).
  19. Ummi Athiyah, S.Kom.,M.Kom – (Identifikasi Kelas Maturitas Kanker Payudara Berdasarkan Citra Mammografi Berbasis Machine Learning).
  20. Utti Marina, S.Si.,M.Sc (Implementasi Logika Fuzzy pada Penilaian Free Form Kurikulum Pendidikan Tinggi Merdeka Belajar Kampus). 

Para dosen tersebut akan melakukan penelitian sesuai judul yang diajukan dengan tim yang terdiri dari dosen internal ITTP. Tim penelitian ini terdiri dari 1 orang ketua dan 2 anggota peneliti. 

Nominal hibah dana penelitian yang disetujui sampai saat ini belum diumumkan. Nantinya setiap penelitian dosen tersebut akan mendapat jumlah dana yang berbeda – beda, sesuai dengan pengajuannya. 

Untuk waktu penelitian sendiri ditargetkan selesai dalam kurun waktu maksimal 1 tahun. Dimulai serentak pada tahun ini, dengan skema penelitian dosen pemula. Keseluruhan penelitian dilakukan di ITTP, juga menyesuaikan dengan judul penelitian, yakni ada yang bertempat di SMA, dll. 

“Harapan saya, meskipun sedang dalam masa pandemi seperti ini tidak menjadi penghalang untuk dosen dalam melakukan penelitian. Semoga 20 judul penelitian dari dosen ITTP yang sudah lolos pendanaan oleh Kemenristekdikti ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai target luaran penelitian yang sudah diusulkan”, pesan Ibu Khoirun Ni’amah, Kaur Penelitian ITTP, disela – sela wawancara. (ITW)