Dosen ITTP Promosikan Gelar Doktor Baru pada Webinar “Teknik Mitigasi Efek Doppler dan Distorsi Non Linear pada Kanal Pita Lebar Bergerak” ITS

Dosen IT Telkom Purwokerto kembali raih gelar Doktor, kali ini Dr. Wahyu Pamungkas, S.T., M.T. berhasil menyelesaikan studinya pada Program Studi Pascasarjana Program Doktor (S3) Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 

Dalam rangka mengapresiasi pencapaian tersebut, Prodi Pascasarjana Departemen Teknik Elektro FT-EIC ITS mengadakan webinar Promosi Doktor Baru (PDB) yang bertemakan “Teknik Mitigasi Efek Doppler dan Distorsi Non Linear pada Kanal Pita Lebar Bergerak”, pada (11/9) kemarin secara daring melalui Zoom Meeting. Sebanyak dua Doktor Baru, Dr. Wahyu Pamungkas, S.T., M.T bersama dengan Dr. Ari Endang Jayanti, S.T., M.T (Dosen Teknik Elektro Universitas Semarang) menjadi pembicara sekaligus mempromosikan gelar baru mereka pada webinar ini. 

Tak hanya untuk mengapresiasi saja, tetapi cara ini juga bertujuan untuk mengenalkan para Doktor Baru kepada komunitas riset, industri, dan masyarakat. Dengan harapan agar mereka dapat menjalin jejaring dengan komunitas peneliti, serta instansi dan industri untuk melanjutkan riset, inovasi, serta hilirisasi hasil riset yang telah dibuat. 

Dokumentasi Dr. Wahyu Pamungkas saat mempresentasikan hasil riset disertasinya

Pada kesempatan tersebut, Dr. Wahyu Pamungkas mempromosikan hasil disertasinya yang berjudul “Mitigasi Efek Doppler pada Sistem Komunikasi V2V (Vehicle to Vehicle Communication) Menggunakan Ekualisasi Dinamis Berbasis Coherence Time”. Tak lupa Ia juga membuka kesempatan bagi para hadirin untuk mengadakan kerjasama riset lanjutan dari topik disertasinya. 

Acara webinar ini dihadiri oleh Prof. Ir. Gamantyo Hendrantoro, M.Eng, Ph.D (Tim Ahli Penanggap), Para Tim Ahli Teknik Elektro ITS, Dr. Ir. Titiek Suryani, MT; Dr. Ir. Wirawan, DEA

Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA; dan Dr. Ir. Endroyono, DEA, serta tamu undangan lainnya yang berasal dari kedua institusi asal pembicara, hingga industri terkait. 

Dokumentasi Dr. Ir. Wirawan, DEA, pada saat memberikan sambutan

“..Jumlah Doktor bahkan Insinyur (Sarjana) di Indonesia juga masih sangat sedikit, sehingga diharapkan dengan adanya promosi Doktor seperti ini dapat meningkatkan jumlah tersebut yang kemudian dapat berdampak pada peningkatan riset di Indonesia. Tentunya ini akan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada…” cuplikan sambutan oleh Dr. Ir. Wirawan, DEA, Tim Ahli Teknik Elektro ITS. 

Webinar ditutup dengan sesi diskusi oleh para Tim Ahli, serta para hadirin yang terlihat sangat antusias bergantian mengajukan pertanyaan kepada dua pembicara tersebut. (ITW)

Komentar

Baca Berita terkait