Dosen ITTP Selenggarakan Pengmas untuk Guru SD

Telah terlaksana kegiatan pengabdian masyarakat oleh dua dosen ITTP, Gita Fadila Fitriana, S.Kom., M.Kom dan Merlinda Wibowo, S.T., M.Phil, pada (9/10) kemarin. Pengmas diadakan secara offline di SDN 3 Ketandan Klaten. 

Mereka kompak menyelenggarakan pengmas untuk menunjang kualitas pengajaran selama pandemi, lewat pelatihan tata cara penggunaan Google Form dan Google Meet. Acara ini merupakan salah satu program MBKM oleh Kemendikbud Ristek. 

Topik ini dipilih karena para guru yang mengalami kesulitan, dimana saat pandemi mereka hanya membagikan tugas sekolah melalui WhatsApp saja. Oleh sebab itu, dosen ITTP mencoba menganalisa permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah, yang kemudian dirumuskan kebutuhan dari mekanisme metode mengajar yang berkualitas. 

Hasilnya, mereka berinisiatif untuk andil memberikan pengajaran yang dapat mendukung sekaligus bermanfaat bagi kemajuan kemampuan para guru sd tersebut, khususnya di bidang IT. 

Gita Fadila Fitriana, S.Kom., M.Kom, selaku dosen dan PIC pengmas mengaku sangat terkesan dengan semangat guru – guru, peserta pengmas karena antusias untuk belajar materi yang diberikan.

“Kesannya, para guru peserta pengmas sangat bersemangat dan juga pantang menyerah saat belajar materi pengmas. Saya berpesan kepada guru – guru SDN 3 Ketandan, agar terus menjaga semangatnya untuk mencetak generasi yang unggul,” pesan Gita Fadila. 

Turut hadir dalam kegiatan pengmas, Koordinator Bidang Pendidikan Wilayah Klaten Utara, Bapak Untung Joko Purwadi, S.Pd., M.M.Pd. Ia mendukung penuh kegiatan pengmas seperti ini, yang kedepannya akan digagas pengmas serupa untuk seluruh kepala sekolah dan perwakilan guru SD di Klaten Utara. Dalam pidatonya, Ia juga menyampaikan kegiatan sharing IT ini sangat penting bagi para pengajar sekolah dasar. 

Selanjutnya, prodi S1 RPL akan terus melakukan pendampingan kepada para guru di SDN 3 Ketandan Klaten agar tercapainya peningkatan kualitas mengajar di sekolah. (ITW) 

Dokumentasi saat pengmas sedang berlangsung
Dokumentasi saat pengmas sedang berlangsung
Dokumentasi saat pengmas sedang berlangsung

Komentar

Baca Berita terkait