Dua Mahasiswa DKV ITTP Tampil pada “Semarang International Aquarelle Painting Exhibition SIAPFEST #1” 2021

Jauh dari sorotan, baru – baru ini dua mahasiswa S1 DKV’20 ITTP berhasil menggebrak prestasi baru karena turut berpartisipasi dalam pameran Semarang International Aquarelle Painting Festival (SIAPFEST) #1 2021. Mereka adalah Rizka Putri Ivory dan Ashraf Rahmattan. 

Karya Ivory, berjudul “Aweken” sebuah lukisan cat air diatas kanvas dengan pesan mendalam yang mencerminkan identitas diri sebagai manusia yang terkadang mengalami pasang surut kehidupan (yang dianalogikan sebagai air pada lukisan) utamanya pada kondisi pandemi seperti sekarang ini. Namun dalam lukisan juga digambarkan tatapan berani dan penuh keyakinan yang digambarkan melalui tatapan tajam seorang wanita.

Dokumentasi lukisan “Awaken” karya Ivory

Sementara itu, Ashraf, menampilkan karyanya “Zodiac Series” dan “Yougrowwhenyoustruggle“, yang menceritakan tentang identitas diri sebagai manusia yang ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam zodiac Ia menggambarkan karakter manusia yang berbeda satu dan lainnya, sekaligus menjadi identitas diri juga. 

Dokumentasi lukisan “Zodiac Series” karya Ashraf
Dokumentasi lukisan “Yougrowwhenyoustruggle” karya Ashraf

“Tanggapan dan kesannya yang jelas senang banget dan bangga, karena ini pengalaman yang luar biasa bisa mengikuti acara pameran tingkat internasional seperti ini dan melihat sekaligus belajar lewat karya – karya keren lainnya dari dunia internasional,” kesan Ashraf, saat menanggapi prestasinya. 

Pameran Cat Air Internasional SIAPFEST #1 2021 ini diselenggarakan oleh Jurusan Seni Rupa Fakultas Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memamerkan berbagai karya dengan tema identitas, dimana maksud dari tema ini sendiri sangatlah luas dan universal. 

Total sebanyak 260 karya seni lukis aquarel terbaik telah terpilih dan dipamerkan secara virtual sejak 9 sampai 15 Oktober 2021 yang lalu. 

Setelah sebelumnya melalui proses kuratorial dari 469 karya yang telah di submit para peserta yang berasal dari 28 negara, yaitu Indonesia, Rusia, Polska, South Africa, India, Italia, Ukraina, Jerman, Georgia, Thailand, Turkey, Philippines, United Kingdom’s, Amerika, Belgia, Australia, Bulgaria, China, Kwait, Ecuador, Malaysia, Myanmar, Singapura, Greece, Argentina, Vietnam, Brasil, dan Jepang. 

“Pastinya ada rasa senang, bangga, dan bersyukur karena karya kami dapat dipamerkan bersama karya – karya lainnya dari berbagai macam negara. Selain itu juga menambah pengalaman kami dalam dunia pameran, serta menjadi bahan pembelajaran atau acuan kami untuk kedepannya agar dapat mengembangkan karya selanjutnya lagi,” ungkap Ivory. 

Keduanya tentu telah melewati proses yang tidak mudah hingga lolos pada tahap ini. Semoga prestasi mereka mampu menginspirasi mahasiswa ITTP lainnya, untuk turut berkarya sesuai dengan kemampuannya. (ITW)

Komentar

Baca Berita terkait