ITTELKOM-PWT.AC.ID – Dalam masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dan mahasiswa belajar dari rumah atau study from home. Begitu pula yang diterapkan di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).
Guna menunjang study from home, ITTP saat ini tengah mengembangkan Smart Classroom. Smart Classroom memanfaatkan cloud dan didukung dengan teknologi televisi layar sentuh, kamera dan koneksi internet yang stabil. Sehingga dosen tidak perlu dibuat repot harus membawa laptop saat mengajar. Melalui televisi touch screen yang ada, dosen bisa mengakses materi pada cloud, menampilkan presentasi serta memanfaatkannya sebagai papan tulis sekaligus.

“Smart classroom ini merupakan terobosan baru ITTP dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih baik. Supaya dosen dan mahasiswa juga lebih semangat untuk kuliah” ungkap Rektor ITTP, Ali Rokhman, saat melakukan uji coba menggunakan smart classroom (1/9)
Selain praktis, smart classroom juga akan sangat memudahkan proses pembelajaran blended learning. Yaitu konsep pembelajaran yang mengkombinasikan pengajaran langsung dan online. Mahasiswa yang hadir di kelas dan yang mengikuti perkuliahan secara online, dapat menyimak materi yang disampaikan dosen dengan lebih jelas pada layar televisi.
Saat ini konsep kelas pintar masih dalam tahap uji coba dan baru ada satu kelas yang dilengkapi dengan teknologi tersebut. Berikutnya akan dilakukan evaluasi dan terus dikembangkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di ITTP.
“Harapan kami, kelas pintar bisa mulai efektif digunakan pada periode semester ganjil 2020/2021 mendatang. Dan rencananya akan ditambah lagi jumlah kelas yang menggunakan konsep kelas pintar seperti ini” jelas Yudha Saintika, Kepala Bagian IT Support ITTP.

Open chat