Jumat, (12/3) Enigma Camp bersama dengan IT Telkom Purwokerto mengadakan seminar berjudul “Membangun Karir di Dunia IT Menuju Era Society 5.0” secara online melalui zoom meeting. Acara ini menghadirkan 3 narasumber, diantaranya Jution Canda Kirana, S.Kom (Departemen IT di Enigma Camp), Bita Parga Zen, S.Kom., M.Han (Dosen S1 Informatika ITTP), dan Gita Fadhila Fitriana, S.Kom., M.Kom (Dosen S1 Rekayasa Perangkat Lunak ITTP). 

Sesi pematerian pertama dengan topik “Langkah Awal Menjadi Software Development” dibawakan oleh Jution Canda. Pada pemaparanya Ia menjelaskan mengenai hubungan era revolusi industri 4.0 dengan era society 5.0 dimana software development menjadi langkah awal untuk menjadi software developer. 

“Sebelum melangkah, kita harus tau langkah – langkah untuk memulai sesuatu. Memang prosesnya panjang. Namun, harus dilalui. Jadilah programmer yang semangat belajar. Milikilah mental yang kuat dan berpikirlah seefisien mungkin, ungkap Jution Canda menutup materi. 

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bita Parga Zen, M.Ham, dengan topik “Computational Thinking Competencies”. Ia menjelaskan mengenai computational thinking competencies yang terdiri dari Alghoritmic Thinking, Cooperativity, Creativity, Critical Thinking, dan Problem Solving

Ia juga mengungkapkan jika pada berpikir komputasi atau computational thinking dapat memberikan solusi dari sebuah masalah yang sistematis. Solusi tersebut dipresentasikan dalam bentuk yang lebih efektif untuk memberikan sebuah informasi. 

Materi terakhir dibawakan oleh Gita Fadhila Fitriana, tentang software methodology yang merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk menyusun, merencanakan, dan mengendalikan proses pengembangan informasi. 

Harapannya, setelah mengikuti webinar ini para peserta dapat mempersiapkan diri untuk membangun karir di dunia IT Era Society 5.0. (AM/ITW)

Dokumentasi Gita Fadhila Fitriana, S.Kom., M.Kom (Dosen S1 Rekayasa Perangkat Lunak ITTP)
Dokumentasi saat webinar