ITTELKOM-PWT.AC.ID – Belum lama ini, Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto (FIF) menyelenggarakan kuliah umum bertema “Machine Learning” dengan pembicara Abdul Karim, M.Phil., M.Cs. Seorang peneliti (akademisi) dari MTB College Rahim Yar Khan, Pakistan.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan budaya akademik di kalangan sivitas akademika ITTP, khususnya Fakultas Informatika. Pada kegiatan tersebut, diikuti oleh mahasiswa dan dosen dengan mendiskusikan beberapa poin penting pada metodologi analisis algoritma tradisional pada user review dengan menggunakan teknik machine learning.


Dalam paparannya, Abdul Karim menjelaskan bahwa sistem berbasis machine learning tidak diprogram secara eksplisit tetapi dipelajari dari data. Algoritma machine learning menyimpulkan pola dan hubungan antara yang berbeda. Variabel dalam kumpulan data kemudian menggunakan pengetahuan itu untuk menggeneralisasi di luar pelatihan sekumpulan himpunan data.

Kuliah umum ini menjadi lebih semarak dengan adanya tanya jawab para peserta yang antusias. Diantaranya membahas tentang tujuan dari sistem rekomendasi yang dihasilkan dari perhitungan menggunakan metode machine learning untuk menyarankan produk kepada pengguna berdasarkan perilaku masa lalu untuk menentukan preferensi pengguna. Acara berlangsung kurang lebih satu jam ini kemudian ditutup dengan foto bersama.

Open chat