GOWES.IN jadi Juara 1 Lomba Understanding UI/UX Mobile Application Design

Gambar diatas merupakan dokumentasi desain aplikasi GOWES.IN

Dokumentasi pemenang lomba, Yolanda Al Hidayah Pasaribu, Mahasiswi S1 Software Engineering angkatan 2019

Mahasiswi S1 Software Engineering Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Yolanda Al Hidayah Pasaribu, berhasil meraih juara 1 pada sebuah kompetisi tingkat nasional UI/UX dengan judul : Mobile Application Design 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Magelang, yang diselenggarakan tanggal (22/2 – 31/3). 

Lomba desain ini diselenggarakan untuk para peserta mulai dari SMA/K sederajat, Mahasiswa, serta masyarakat umum yang bertujuan untuk menjaring ide kreatif dan inovatif dari peserta dalam membuat sebuah desain aplikasi yang dapat memudahkan kegiatan masyarakat selama pandemi. Ini merupakan bentuk implementasi dari webinar yang telah diadakan sebelumnya. 

Ada beberapa teknis tahapan lomba yang dilalui, mulai dari pendaftaran, registrasi lomba, pengumpulan karya, babak penyisihan, presentasi para finalis, dan kemudian yang terakhir pengumuman pemenang. 

Mahasiswi angkatan 2019 ini berhasil membuat sebuah desain aplikasi yang diberi nama GOWES.IN, yang merupakan sebuah aplikasi penyewaan alat transportasi roda 2 yang ramah lingkungan, seperti sepeda, scooter, dll. Selain itu, Ia juga berinovasi dengan menerapkan prinsip IoT (Internet of Think) pada sistem kunci kendaraan, yakni dengan cara scan barcode.

“Menurutku, aplikasi yang aku buat ini nantinya dapat bermanfaat khususnya pada masa pandemi seperti sekarang ini. Inspirasi utama itu karena kemarin sempat ada tren berkendara sepeda di masyarakat, kan tidak semua orang punya sepeda, nah dengan aplikasi penyewaan ini orang tetap bisa mengikuti tren dan berkendara sepeda dll tanpa perlu membelinya”, jelas Yolanda. 

Ia juga mengikuti lomba ini dengan membawa misi dan termotivasi untuk menaikkan pamor perempuan prodi Software Engineering yang sering dipandang sebelah mata kemampuannya oleh kebanyakan orang. 

“Inti dari aku ikut lomba ini adalah untuk menaikkan derajat para perempuan SE (Software Engineering) yang suka diremehin sama orang – orang. Selain itu, juga karena untuk mewujudkan resolusi yang aku buat untuk tahun ini, yaitu menang di salah satu lomba yang sesuai dengan passion aku. Yang pasti ini wujud hadiah aku untuk prodi juga, supaya mahasiswa SE terkenal banyak prestasinya”, pesannya dengan penuh semangat saat berhasil diwawancarai secara online oleh tim redaksi. 

Prestasi yang berhasil diraih oleh Yolanda ini semoga dapat memotivasi para mahasiswa khususnya mahasiswi di ITTP, agar terus berprestasi, berinovasi, dan memiliki semangat berkompetisi baik secara nasional maupun internasional. (ITW)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait