Indonesia Sharia Summit 2021

Belum genap seminggu ini telah terlaksana webinar nasional “Indonesia Sharia Summit 2021”. tepatnya pada tanggal 22 September – 23 September 2021. Acara yang diselenggarakan oleh Media Group Network Summit Series ini bertemakan Kemaslahatan untuk Bangkit Bersama di bidang Ekonomi Syariah. 

Event virtual ini mempertemukan para pakar dan pelaku ekonomi syariah terbesar di Indonesia, diantaranya Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI); Adiwarman Karim (Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional, MUI); Ventje Rahardjo (Dir. Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah); M. Anwar Bashori (Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Bank Indonesia); Heri Gunardi (Dirut Bank Syariah Indonesia); Charles Sitorus (Dir. Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT. Pos Indonesia); Euis Amalia (Sharia Advisor dan Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah); Sapta Nirwandar (Ketua Umum Indonesia Halal Lifestyle Center); Moch Buchori Muslim (Ketua Bidang Industri, Bisnis dan Ekonomi Syariah, Dewan Syariah Nasional); Hariyadi Sukamdani (Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia); 

Ronald Yusuf Wijaya (Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia); Nurhayati Subakat (CEO Wardah Cosmetic); Riyanto Sofyan (Chairman PT Sofyan Hotel); Adi Saputra Tedja Surya (Dir. Utama Halal Industry Park Sidoarjo); Ricky Afrianto (Global Marketing Dir. Mayora Group); Marsha Chikita Fawzi (Artist, Animator, Activist, and Sharia Traveller Icon); Vivi Zubedi (Pendiri Vivi Subedi Fesyen). 

Dengan dibawakan oleh deretan moderator kenamaan Abdul Kohar; Kania Sutisnawinata; Widya Saputra; serta Leonard Samosir, webinar dibuka dengan sambutan langsung oleh Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden Republik Indonesia). 

Dokumentasi Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutan acara

“Ekonomi syariah di Indonesia menunjukkan fundamental yang tetap berdaya tahan. Pada semester 1 tahun 2021, sektor ekonomi halal terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian selama masa pandemi. Pertumbuhan sektor utama ekonomi halal ini terus menunjukkan pertumbuhan positif PDB nasional dibandingkan dengan sektor lainnya. Ini dikarenakan meningkatnya konsumsi belanja online masyarakat pada berbagai pangan halal. Nilai ekspor Indonesia juga turut menunjukkan pertumbuhan. 

Penyediaan pembiayaan syariah finance antara lain dilakukan melalui penguatan industri keuangan syariah untuk mendorong akselerasi pertumbuhan sektor riil syariah, khususnya industri halal dan UMK syariah. Penguatan arah kebijakan dan regulasi yang juga dilakukan untuk memperkuat institusi keuangan syariah sebagai intermediary pelaku usaha syariah melalui penguatan regulasi oleh otoritas jasa keuangan, salah satunya adalah melalui security Crowdfunding SQF sebagai alternatif pendanaan bagi usaha mikro kecil dan menengah UMKM. Pemerintah juga telah mendirikan Bank Syariah Indonesia dari hasil merger 3 bank syariah BUMN..” penggalan sambutan oleh Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin

Usai sambutan dari pembicara utama, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Prof. Dr. K. H. Nasaruddin Umar, M. A (Imam Besar Masjid Istiqlal), serta sambutan oleh CEO Media Group, Mohammad Mirdal Akib

Garis besar acara ini membahas tentang rencana Indonesia dalam memajukan ekonomi syariah, sekaligus membahas potensi bisnis dan peluang ekonomi sektor syariah sesuai dengan background para pakar yang hadir.  Dalam acara ini, juga melibatkan para peserta untuk berdiskusi secara langsung dengan masyarakat Indonesia, khususnya dari latar belakang akademisi, para dosen dan mahasiswa. 

Poin penting dari Indonesia Sharia Summit ini sendiri adalah untuk menggugah seluruh elemen masyarakat khususnya para pelaku bisnis agar nantinya dapat turut melihat ini sebagai peluang besar yang nantinya dapat turut serta memegang peranan penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. (ITW/TS)

Komentar

Baca Berita terkait