ITTELKOM-PWT.AC.ID – Pada akhir pekan Sabtu (30/11), kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto menggelar kegiatan Seminar Nasional Towards Society 5.0. Dengan narasumber dalam seminar menghadirkan praktisi telekomunikasi, Sinta Novanana, S.T., M.Si., dan ketua Asosiasi Persatuan Dosen Informatika (Aptikom) Professor Zainal A Hasibuan. Kegiatan seminar bertempat di Hotel Java Heritage, Purwokerto.
Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si, didampingi wakil rektor bidang satu dan dua, perwakilan dari pemerintah Kabupaten Banyumas Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Supriyono.

Seminar Nasional yang diadakan kali ini membahas mengenai perkembangan masyarakat pada eranya. Masyarakat Society 5.0, muncul pertama kali di negara jepang, karena mereka menyadari bahwa masyarakat bagian dari teknologi.
Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto mengungkapkan, bahwa kegiatan seminar nasional kali ini membahas mengenai keragaman masyarakat menuju society 5.0. Kampus ITTP terus berupaya untuk terus menjadi pioneer di setiap perubahan, salah satunya dalam bidang ICT. “Sehingga saat ini kami menyesuaikan diri dengan ciri khas ITTP, yang kami singkat dengan HATS (Helath Care, Agro-Industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise),” ungkapnya.

Ada lima pase menuju society 5.0, kita harus memahami aspek tersebut, pertama society 1.0, masyarakat pada zaman tombak, beburu, society 2.0 masyarakat mengenal pertanian, 3.0 masyarakat mengenal industry ditandai dengan adanya listrik, 4.0 masyarakat informasi , masayrakat membagikan informasi di internet, 5.0 teknologi menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, jelas narasumber Sinta Novanana S.T., M.Si.
Selain seminar nasional, turut diadakan call for paper dalam kegiatan tersebut, dengan fokus topik membahas bidang teknik informatika (Informatic Engineering), Teknik Industri (Industrial Engineering), Creative Media (Kreatif Media), Teknik Telekomunikasi (Telecommunication Engineering), dan Teknik Elektro (Electrical Engineering).

Diakhir acara disampaikan peraih Best Paper dan Best Presenter. Untuk Best Paper diraih oleh Muhammad Idham Habibie dengan judul paper “Deteksi Fraud menggunakan metode K-Means dan Euclidean Distance dalam sensor IoT”, dan best presenter diraih oleh Wahyu Sapto Aji, berjudul “Angle of Repose Measurement Tool Development Based on iMAGE processing with Hough Transform.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *