ITTELKOM-PWT.AC.ID – Pada hari rabu (13/1), Institut Teknologi Telkom Purwokerto meraih juara pertama kategori Submission Idea Lomba Hack Idea#5 yang digelar oleh Telkom Indonesia regional 4 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam perlombaan ini IT Telkom Purwokerto mengirimkan 21 Ide kreatifnya, ini menjadi yang terbanyak diantara peserta yang lainnya.

Hack Idea jilid 5 tahun 2020 terdapat 124 ide yang masuk. Semua ide tersebut bersaing untuk menjadi yang terbaik. Lomba ini adalah program aktivasi budaya perusahaan The Telkom Way In Digital Era dengan memanfaatkan design thinking, pengalaman, serta kolaborasi. Salah satu wadah bagi karyawan dibawah Telkom group untuk berinovasi.

“Ada beberapa komponen yang diperlombakan dalam Hackidea, seperti membangun strategi secara digital yang bisa dibangun oleh aspek edukasi, logistik, dan infrastruktur digital. Menyelesaikan permasalahan lokal seperti digitalisasi solusi untuk masyarakat maupun pemerintah. Kemudian terakhir adalah adanya proses adopsi teknologi terbaru,” jelas Ketua Tim Inovasi IT Telkom Purwokerto Sigit Pramono S.T., M.T.

“Kemenangan yang diraih kami dalam Hackidea jilid 5 yang digelar oleh Telkom Indonesia merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk berperan dalam setiap perubahan. Semoga dengan adanya ragam ide yang berhasil menjadi juara ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Adapun aspek penilaian dalam perlombaan tersebut terdiri dari 6 aspek. Pertama, aspek permasalahan terdiri dari Ide yang berasal dari permasalahan yang harus diselesaikan. Kedua, aspek solutif terdiri dari Ide produk yang dapat diimplementasikan dan menjadi solusi dari permasalahan user. Ketiga, aspek market size tediri dari jumlah individu yang potensial menggunakan sebuah produk/jasa. Keempat, aspek unique value proposition terdiri dari ide yang menampilkan keunikan dan keunggulan yang ditawarkan. Kelima, aspek founder terdiri dari masing-masing penggagas memiliki kapabilitas dengan 3 stream, yaitu Hustler, Hipster, dan Hacker. Keenam atau terakhir aspek prototype, yaitu peserta menunjukan purwarupa pertama sebagai bentuk dari perwujudan ide. Pemenang Juara 1 ITTP, Juara 2 Witel Solo, Juara 3 Witel Yogya.