ITTP Adakan Kolaborasi Riset Bersama HONF Lab

Dalam komitmennya untuk melakukan pengembangan riset global, IT Telkom Purwokerto kali ini bersama dengan HONF (House of Natural Fiber) Lab. mengadakan kerjasama untuk mengadakan kolaborasi dengan mengadakan berbagai riset artistik. Riset ini berupa bentuk karya inovatif yang nantinya dapat diterapkan di masyarakat. 

HONF Lab sendiri merupakan sebuah komunitas yang bergerak dengan menggabungkan antara seni, sains, dan teknologi, berasal dari berbagai laboratorium yang bekerjasama menghasilkan ilmuwan jalanan dan mengenalkannya ke kancah global. 

Kolaborasi ini menghasilkan karya yang berjudul “THE UNGOVERNABLE STRUCTURE DESIGN WITH THE LIVING”, diharapkan dapat mewujudkan konsep futuristik yang menggabungkan antara seni, sains, dan teknologi untuk membuat sebuah struktur desain dan arsitektur yang nantinya dapat digunakan di kawasan urban. Hasil dari riset artistik dan karya inovatif ini didasarkan atas ide untuk membuat sebuah struktur yang dapat memberikan tempat bagi spesies lain untuk tetap tumbuh dan hidup bersama manusia. 

Ide ini tercetus berkat isu penting yang terjadi saat ini, yaitu perubahan iklim. Kesadaran akan pentingnya mengambil tindakan kritis untuk membuat sebuah perubahan, serta pola hidup yang seimbang guna menjaga bumi sekaligus generasi berikutnya dari kerusakan lingkungan yang mengancam. Untuk itu, perlu adanya kesadaran lebih akan kerjasama antar spesies yang hidup di bumi untuk menghadirkan lingkungan sehat. 

Karya tersebut telah berhasil dipamerkan dari 14 Agustus sampai dengan 19 September 2021 di Stuttgart, Jerman (http://www.current-stuttgart.de); Espace Big Bang, Switzerland (https://espacebigbang.ch/); Antre Peaux, Perancis (https://antrepeaux.net/en/), dan Galeri Salihara Jakarta, (https://galeri.salihara.org/profile-seniman/honf-x-ittp/). 

Proyek kolaborasi ini dikerjakan langsung oleh Kelompok Keahlian atau KK Media Kreatif dan Periklanan (MKP) dan KK Rekayasa Sistem dan Industri (RSI) dari Fak. Rekayasa Desain dan Industri selaku PIC. Selain itu, juga melibatkan KK Elektronik Kendali, serta KK Teknik Informasi dari Fak. Teknologi Telekomunikasi dan Elektronika dan Fak. Informatika.  

Dokumentasi saat diskusi bersama dari masing – masing kelompok keahlian di ITTP
Dokumentasi saat diskusi bersama dari masing – masing kelompok keahlian di ITTP
Dokumentasi proses pembuatan karya di laboratorium DKV ITTP

Proses pembuatannya pun dilakukan di area kampus IT Telkom Purwokerto dan laboratorium HONF di Yogyakarta. Kedua pihak memetakan bersama berbagai kebutuhan material, struktur, dan juga modelling-nya. Biomaterial dipilih menjadi bahan dasar pada proyek kali ini. Untuk struktur dasar sendiri mereka kembangkan dengan cara menguji coba penumbuhan bahan biomaterial. Selain itu, rancangan komponen mekatronika juga dibutuhkan untuk menggerakkan sensor dari biomaterial. 

Sebagai pihak aktif yang terlibat langsung dalam proyek skala internasional ini, para dosen ITTP mengaku sangat antusias dengan kegiatan kolaborasi dengan HONF Lab.

“Sebagai pihak yang berasal dari akademisi, kami tentunya merasa antusias dengan proyek kerjasama ini, karena dapat terlibat dalam proyek yang mengangkat isu – isu terkini, inovatif, serta berdampak positif untuk lingkungan. Kendala terbesar karena kondisi ppkm yang masih berlangsung, ditambah dengan jarak tempuh yang harus kami lalui, yaitu Jogja – Purwokerto. Namun, kami cukup senang dan bangga atas apa yang telah kami kerjakan, semoga karya kami bisa menginspirasi rekan – rekan yang lainnya..” ungkap Galih Putra Pamungkas, S,Sn., M.Sn, tim riset dosen ITTP. 

Pameran ini menjadi project akhir bagi karya kolaboratif dua pihak, tetapi kerjasama akan terus berlanjut dengan berbagai project inspiratif lainnya, salah satunya yang berkaitan dengan isu pemanfaatan sampah. (ITW)

Komentar

Baca Berita terkait