Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) melalui Tim Jumat Berkah memberikan bantuan berupa paket sembako kepada 200 mahasiswa rantau yang masih berada di Purwokerto, Selasa (7/4/2020).

Jumat Berkah merupakan salah satu program sosial yang ada di ITTP. Tim ini menggalang dana dari dosen dan karyawan untuk disalurkan ke mahasiswa yang membutuhkan. Saat ini tim Jumat Berkah fokus pada penanganan imbas COVID-19.   

Rektor ITTP, Dr. Ali Rokhman mengungkapkan merebaknya virus Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia membuat mahasiswa tidak bisa pulang ke daerah asalnya dan memutuskan untuk tetap di Purwokerto.

“Banyak mahasiswa tidak mudik, terutama yang jauh dari luar Jawa. Sebagian dari mereka bahkan ada yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya disini. Untuk itu kami bergerak, menengok kondisi mereka secara langsung sekaligus memberi bantuan” tambahnya.  

Sementara itu, Koordinator Tim Jumat Berkah, Dr. Anggun Fitrian mengungkapkan pihaknya bekerjasama dengan BEM dan Kemahasiswaan ITTP untuk mendata mahasiswa yang betul – betul memerlukan bantuan. Bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk uang, melainkan berupa paket sembako seperti beras, mie, gula dan vitamin.

Distribusi sembako ini ada yang diantar langsung ke lokasi kos mahasiswa, ada pula yang dibagikan di Lobi Lt.1 gedung Rektorat ITTP. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya antrian dan kerumunan mahasiswa saat pengambilan.     

Pembagian sembako di Lobi Gedung Rektorat ITTP.

“Pembagian yang di kampus, kita atur jumlah dan frekuensinya supaya tidak berkerumun. Sedangkan yang diantar, kami pilih yang lokasinya terjangkau dan tidak terlalu jauh. Pak Rektor juga ikut mengantar bersama tim, sekaligus melihat kondisi mereka yang jauh dari orangtua” jelas Anggun.

Dijelaskan, selama wabah COVID19 belum berakhir, pemberian bantuan akan dilakukan secara rutin setiap bulan kapada mahasiswa asal luar kota dan luar pulau yang masih menetap di Purwokerto.

“Harapan kami, bantuan ini bisa diberikan secara merata dan tepat sasaran, sehingga memberikan manfaat untuk mahasiswa” tambah Anggun.

Open chat