ITTP Berhasil Raih Peringkat 1 dan 3 Krenova Banyumas 2021

Berita prestasi terbaru kini datang dari Civitas Akademika ITTP, tepatnya kemarin (23/12) yang telah berhasil membanggakan kampus setelah dinobatkan sebagai Juara I dan III pada Krenova Banyumas 2021. Mereka adalah SMART GEOCANE dan VIREGRA (Virtual Reality Tuna Grahita). 

Dokumentasi aplikasi SMART GEOCANE

Bertempat di Hotel Luminor Purwokerto, acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi pemerintah Banyumas, khususnya Bappedalitbang, terhadap inovasi – inovasi kategori aplikasi dan teknologi tepat guna yang telah dibuat oleh para peserta.

Juara I diraih oleh Sudianto, M.Kom (Dosen prodi Informatika) dengan karyanya yang bernama SMART GEOCANE, sebuah aplikasi website yang dikembangkan untuk memonitoring pertumbuhan tanaman tebu. Ini merupakan bagian dari penelitiannya sebelumnya. 

“Iya, ini pertama kalinya saya mengikuti kompetisi Krenova. Saya mengetahuinya melalui grup WA di ITTP sehari menjelang penutupan pendaftaran. Untuk proses pembuatannya, kebetulan inovasi ini adalah bagian dari penelitian saya sebelumnya,” ungkap Sudianto menjelaskan tentang proses dan karyanya. 

Tak hanya itu, Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya usai dinobatkan sebagai Juara I Krenova Banyumas 2021. Yang artinya akan maju berkompetisi pada Krenova tingkat nasional nantinya. 

Dokumentasi saat foto bersama pemenang Sudianto, M.Kom (kedua dari kanan) dan Tim Yakut (pojok kanan)

“Pastinya saya bersyukur ya, semoga inovasi ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan khususnya untuk ITTP semangat terus untuk berprestasi dan berinovasi!” pesannya. 

Total ada sebanyak 10 (Sepuluh) inovasi dari ITTP yang maju sebagai finalis Krenova 2021, mereka adalah Aplikasi “Smart Immunization” karya Digimuniasi; Bisa! Platform Media Sosial Olahraga karya Tim Bisa; Coding Aja karya Masvatif Team; HOMPIMPAA.ID karya Hoompimpa.id; “MYKOPERASI” Platform Koperasi Digital: Distribution Channel Produk Koperasi karya Aini Nahdlia Puspita; PEAR (Preventive Earthquake Augmented Reality) karya The Most Luckiest AR; RESIS (Real Estate Sales Information System) karya RESIS; Si Kromo karya Si Kromo; SMART GEOCANE karya Sudianto, M.Kom; dan VIREGRA (Virtual Reality Tuna Grahita) karya Tim Yakut. 

Juara III sendiri dimenangkan oleh Tim Yakut yang terdiri dari sekelompok mahasiswa ITTP, mereka adalah Muhammad Junaedi, Rangga Cahyo Multi Laksana, Sofian Bagus Juniar, Bernardus Tegar Hermawan, dan didampingi oleh Agi Prasetiadi, S.T., M.Eng, selaku dosen pembimbing. 

Melalui karya VIREGRA (Virtual Reality Tuna Grahita) yang mereka dedikasikan untuk para siswa SLB C-C1 Yakut Purwokerto. VIREGRA sendiri merupakan sebuah game yang berbasis virtual reality untuk membantu para siswa berkebutuhan khusus (tuna grahita) meningkatkan daya kemampuan kognitif, motorik, dan sosial agar lebih berani dan tidak malu dalam beradaptasi di lingkungan sosialnya.   

Dokumentasi Tim Yakut

“Luar biasa sih, tidak bisa berkata – kata lagi, Alhamdulillah banget akhir tahun ini kami masih diberi kesempatan seperti ini. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan semakin baik lagi.. “ kesan Junaedi mewakili tim.

Banyak prestasi yang telah diraih oleh civitas akademika ITTP pada 2021 menjadi penutup yang baik sekaligus semangat positif. Semoga ini menjadi pemacu semangat untuk terus meningkatkan kualitas karya dan terus mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional di tahun 2022 nantinya. (ITW)

Komentar

Baca Berita terkait