Sukses mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Robotik, pada  Selasa (20/10), dosen program studi S1 Teknik Elektro & Teknik Telekomunikasi ITTP kembali melakukan pendampingan dalam pembuatan Robot di MAN 2 Banyumas.

Pada pelatihan yang diselenggarakan hari jumat (13/11) lalu, tim dosen ITTP memberikan materi tentang pembuatan Robot Maze Solving. Pendampingan tersebut dalam rangka persiapan mengikuti lomba (Madrasah Robotic Competition 2020) di tingkat Nasional. Dalam persiapannya, tim robot MAN 2 Banyumas memerlukan dukungan dari ITTP untuk merancang perangkat robotnya.

“Dalam kompetisi MRC, Tim Robotik MAN 2 Banyumas mengikuti 3 kategori perlombaan, yaitu Internet of Things (IOT), Maze Solving dan Line Follower Analog. Untuk kategori Maze Solving dan Line Follower Analog kami dibantu oleh IT Telkom” ungkap Toto Prasetyo, salah satu guru MAN 2 Banyumas.

Pelatihan ini merupakan pertemuan yang kedua. Pada kesempatan pertama, materi yang diberikan adalah tentang pembuatan robot Line Follower Analog (LFA). Tim Robotik MAN 2 Banyumas dibekali informasi tentang cara membuat robot serta sistem kerjanya. 

Robot Line Follower Analog (LFA) merupakan robot yang didukung dengan rangkaian komponen elektronika (sistem arduino), dilengkapi dengan roda dan motor untuk robot bergerak. Robot tersebut mempunyai sistem kerja untuk mengikuti garis secara otomatis.

Pada tahapan terakhir, robot – robot yang telah berhasil dirancang ini kemudian didokumentasikan dalam bentuk video untuk diikutkan dalam lomba MRC. Mengingat perlombaan MRC ini akan dilakukan secara virtual.

Rissa Farid, salah satu dosen Teknik Elektro yang turut mendampingi, menyampaikan harapannya agar support yang kami berikan untuk tim robotik MAN 2 Banyumas bermanfaat dan mendapatkan hasil yang baik saat perlombaan” 

Open chat