ITTELKOM-PWT.AC.ID – Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) bersama Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) secara bersama – sama merancang sebuah Robot Perawat (Robot Service).

Robot perawat ini dirancang berawal dari adanya permasalahan yang dihadapi oleh perawat yang menangani pasien Covid-19 diruang isolasi, dimana mereka harus bersinggungan dengan pasien. Serta terbatasnya jumlah perawat saat ini, menjadi faktor dirancangnya teknologi ini.

“Teknologi robot ini sangat diharapkan bisa membantu para perawat dalam melaksanakan tugas mereka. Dan juga bisa meminimalisir terjangkitnya perawat dari virus Covid-19,” jelas Aly Afandi S.T., M.T, salah satu pengembang robot dan dosen teknik telekomunikasi ITTP.

Dosen ITTP menjadi bagian dari tim pengembang robot perawat bersama ITTS

Dia menambahkan, fungsi utama dari robot perawat sendiri adalah untuk mengantarkan obat dan makanan ke pasien. Dan robot ini bisa dijadikan sebagai media komunikasi dengan dokter karena dilengkapi dengan kamera serta layar untuk berinterkasi antara pasien dengan dokter.

Robot perawat ini rencananya akan segera diserahkan ke salah satu Rumah Sakit Umum yang berada di Kota Surabaya. Karena semakin berkembang pesatnya wabah covid-19 diharapkan teknologi ini menjadi solusi bagi masyarakat, khususnya di dunia media.

Adapun tim pengembang dari robot perawat ini. Terdiri dari Aly Afandi, S.ST., M.T, Dr. Helmy Widyantara, S.Kom., M.Eng. Isa Hafidz, S.T., M.T. Hamza Muttaqin, S.T., M.T. Billy Montolalu S.Kom., M.Kom, dan Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T.