ITTELKOM-PWT.AC.ID – Belum lama ini (18/8), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menggelar  Webinar Nasional dengan tema “Telkom Satelit untuk Indonesia, Karya Nyata Anak Bangsa”. Bersama Narasumber Utama (Keynote Speech) Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia, Dr. Ismail, MT.

Turut hadir beberapa narasumber lainnya seperti Tonda Priyanto,C.Eng.,EPC., Dirut Telkom Satelit Indonesia 2018/2019. Dr. Daduk Merdika Mansur, S.T.,M.M. Kepala Sekolah Telkom Bandung. Dr.Cuk Jaka Purwanggono,S.T., M.M., Dosen dan Praktisi Siskomsat. Ir. Agung DM Sahidi, MSSE., Direktur Operasional Transvision. Dipandu Imam MPB,ST.,MT., sebagai moderator dalam webinar nasional tersebut, serta dibuka secara langsung oleh Rektor ITTP Dr. Ali Rokhman., M.Si.

“Pada masa pandemi sekarang ini yang masih tetap bertahan adalah bagaimana seseorang mampu menguasai IT, seperti menguasai AI atau Kecerdasaan Buatan. Semoga dengan hadirnya para praktisi satelit dalam webinar ITTP kali ini, mampu mendorong para peserta untuk bersama – sama menemukan inovasi terbaru berkaitan dengan kebutuhan pada masa pandemi. Selamat berwebinar, semoga ilmu yang disampaikan para narasumber bermanfaat bagi peserta,” jelas Rektor ITTP.

Dalam webinar kali ini setiap narasumber memiliki pembahasan yang berbeda dari narasumber lainnya, sehingga respon dari peserta  sangat antusias mengikuti webinar hingga akhir. Salah satu pembahasan yang narasumber sampaikan adalah Digital Regulasi Satelitte yang disampaikan oleh narasumber utama.

Peran satelit dalam masyarakat pada saat ini adalah sangat penting, karena semua aktifitas terlebih masuk pada kondisi berkembang pesatnya ICT (Internet). “Saat ini kita semua harus bangga, mengapa karena satelit palapa Indonesia berhasil diperpanjang, artinya kita akan bisa mengembangkan beberapa program yang diharapkan oleh kita semua, seperti halnya memperluas jaringan ke daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal),” jelas Denny Setiawan,S.T.,M.T Direktur Penataan Sumber Daya mewakili Ditjen SDPPI Kemkominfo yang berhalangan hadir.

Wahyu Pamungkas salah satu peserta webinar mengatakan, bahwa webinar kali ini sangat penuh kebermanfaatan. Karena ilmu yang diberikan oleh para narasumber sangat berbobot dan pastinya memberikan informasi sekaligus menginspirasi kita semua. “Mudah-mudahan ITTP terus mengadakan kegiatan webinar seperti ini,” katanya.

Open chat