Dalam rangka mewujudkan Smart City di Kabupaten Banyumas, Dinkominfo bersinergi dengan beberapa Perguruan Tinggi di Kab. Banyumas guna menjalin kemitraan di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). ITTP menjadi salah satu PT yang diundang dalam diskusi bersama tersebut. Acara diskusi diselenggarakan pada Selasa, (9/2) bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo Kab. Banyumas JL. Kolonel Sugiono no.17, Purwokerto. 

Dokumentasi pada saat diskusi bersama di Ruang Rapat Dinkominfo Kab. Banyumas JL. Kolonel Sugiono no.17, Purwokerto

Diadakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, acara ini juga dihadiri oleh : Bappedalitbangda Kab Banyumas; Rektor Universitas Jenderal Soedirman; Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto; Rektor Universitas Amikom Purwokerto; Rektor ITTP; Ketua STMIK Yos Sudarso; Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kab Banyumas; para Pejabat Struktural DINKOMINFO Kab Banyumas; serta para Pejabat Pranata Komputer di Dinkominfo Kab Banyumas.

Diskusi dibuka oleh Kabid Aptika Bapak Andiono, S.T.,M.Eng, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan rencana Smart City Kabupaten Banyumas oleh Hendriarto Wigunawan, ST, MAP, MA (Kasi Pengembangan Ekosistem Kota Cerdas). Setelah itu masing – masing perwakilan perguruan tinggi yang hadir berkesempatan untuk menyampaikan usulan dan potensi yang dimiliki. 

Rektor ITTP, Dr. Ali Rokhman, M.Si hadir didampingi oleh Sigit Pramono, S.T.,M.T. (Direktur Inkubator Banyumas Digital Valley) mewakili ITTP dalam diskusi Smart City. 

Pada kesempatan ini, ITTP turut menyampaikan usulan dan potensi yang dimiliki untuk mendukung terwujudnya smart city. Diantaranya meliputi usulan penerapan Building Energi Monitoring, Smart PJU, Smart PDAM, Smart Environment yang memungkinkan digunakan di Kabupaten Banyumas.

ITTP juga menawarkan solusi produk yang merupakan hasil karya dari mahasiswa dan dosen seperti Room Temperature Data Logger, Vaksin Covid TDL, Smart Polutry, Koomo.id (Smart PJU), Pak Budi (Aplikasi Tes Minat Bakat), dan Hi-Trash (Aplikasi Kelola Sampah). Beberapa produk tersebut juga sudah pernah digunakan oleh mitra kerjasama ITTP.  

Sebagai kelanjutan dari diskusi ini, selanjutnya akan diadakan rapat kedua yang mambahas Roadmap dan PIC dari masing – masing implementasi Smart City. (ITW)