Talenta dalam bidang seni rupanya banyak dimiliki oleh mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Hal ini dibuktikan salah satunya dengan keterlibatan mahasiswa ITTP dalam PEKSIMINAS XV 2020 yang diadakan oleh Kemendikbud RI. Rangkaian acara ini diadakan mulai dari bulan Oktober secara daring, dikarenakan kondisi pandemi. 

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) ini merupakan puncak dari kegiatan kemahasiswaan dibidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Kegiatan ini sekaligus memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis dalam bidang seni. 

Dari 15 lomba yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, ITTP mengikuti ke 13 lomba tersebut. Diantaranya : Vocal grup (Tegar Galar Sunu Adi – S1 TEKTEL’19, Megi Hida Wulandari – S1 DKV’18, Monica – S1 SI’19, Ivan Hidayat – S1 DKV’19, Rizka Fayyadhila – S1 IF’17), Pop (Julian Saputra – S1 IF’19 dan Cahya Aprilia Putranti – S1 IF’19), Keroncong (Rizky Firdaus Kusuma Adjie – S1 SI’19 dan Jois Noveliani Puteri – S1 SI’17), Seriosa (Ahmad Fahrizal Ramadhan – S1 TEKTEL’17 dan  Ajeng Fitria Rahmawati – S1 RPL’18), Dangdut (Fajar Beni Mahesa – S1 DKV’18 dan Asti Dwi Sripamuji – S1 IF’19), Desain Poster (Gilar Nursha Farizky – S1 DKV’19), Komik (Fahrizal Mahmudi – S1 DKV’19), Lomba penulisan puisi (Aqluna Asya Nurfadila – S1 TI’19), Lukis (Mutiara Shaleha – S1 DKV’18), Fotografi (Ahmad Rais – S1 DKV’19), Penulisan cerpen (Agung Prasetiyo – S1 DKV’18), Baca puisi (Risma Eka Kurnia – S1 DKV’19 dan Reza Iqbal Pramudya – S1 IF’19). 

Banyak pelajaran dan pengalaman tentunya yang didapatkan oleh peserta. Seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta seriosa, Ajeng Fitria Rahmawati, “Capek si, karena persiapan mungkin ya. Tapi dapet pengalaman, jadi ngga papa”. 

Selain itu juga, perlombaan seperti ini dinilai sangat penting bukan hanya untuk membuktikan kreativitas atau bakat. Akan tetapi juga untuk melatih kepercayaan diri dan mental peserta.

Dengan semangat tidak mudah menyerah dan terus berlatih yang terbaik, semoga saja pada PEKSIMINAS yang akan datang ITTP bisa kembali berkontribusi dan menampilkan yang terbaik. (ITW)

Open chat