Bertempat di Gedung Rektorat IT Telkom Purwokerto, Rektor ITTP bersama dengan Ketua Umum Warung Koperasi Indonesia (WARKOPIN) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU). Keduanya sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Penandatanganan MoU turut disaksikan oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia (Wamendes RI), Budi Arie Setiadi dan Wakil Bupati Banyumas, Drs. H. Sadewo Tri Lastiono.

Wakil Bupati Banyumas menyaksikan penandatananan nota kesepahaman oleh Rektor ITTP dan Ketua Umum Warkopin.

Warung Koperasi Indonesia (Warkopin) merupakan komunitas yang  mempunyai kegiatan pembinaan UMKM yang berbasis teknologi digital. “Sejauh ini masih banyak pelaku UMKM yang belum melek digital, baik dari hal sederhana seperti penggunaan email, media sosial, website dan ecommerce” ungkap Dedi Mulyono, Ketua Umum Warkopin.

Banyak UMKM yang tersebar di wilayah Banyumas masih memerlukan pendampingan, karenanya Warkopin menginisiasi kerjasama dengan ITTP, untuk memberikan support berupa pelatihan IT kepada para pelaku UMKM. Sehingga UMKM bisa segera go digital dan memperluas jangkauan pemasaran.

Dalam sambutannya, Wamendes menyatakan harapannya agar Banyumas bisa menjadi contoh pengembangan desa digital. “Desa digital itu penting agar digitalisasi tidak membuat desa dan UMKM hanya sebagai penonton tetapi juga ambil peran sebagai pelaku utama” tambah Wamen Budi Arie.

Wamendes, Budi Arie saat memberikan kata sambutan.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Wakil Bupati Banyumas. Wabup Sadewo mengapresiasi atas inisiatif kerjasama Warkopin dan ITTP. Ia menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas sangat support dalam pembinaan Bumdes dan berharap agar digitalisasi dapat mendorong peningkatan perekonomian.

Program yang dijalankan oleh WARKOPIN sangat sejalan dengan ITTP, yang mempunyai komitmen menjembatani teknologi untuk kemanusiaan. “Disini kami punya resource yang siap membantu untuk pelatihan IT ke desa. Mudah – mudahan bisa berjalan secara optimal” ungkap Rektor ITTP, Dr. Ali Rokhman.

Dalam waktu dekat ITTP akan terlibat dalam Virtual Expo UMKM yang diinisiasi oleh WARKOPIN bersama dengan Lembaga Pembiyaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Open chat