ITTP Kirim Delegasi Mahasiswa pada NUDC dan KMDI 2021

Dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2021, ITTP kembali mengirimkan delegasi mahasiswanya. Kompetisi yang diadakan oleh Purpresnas (Pusat Prestasi Nasional) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menyasar seluruh mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Indonesia.

Meski penyelenggara kedua kompetisi ini sama, namun keduanya merupakan kompetisi yang berbeda. 

NUDC sendiri adalah kompetisi debat berbahasa Inggris tingkat nasional mengadopsi model debate British Parliamentary, dimana dalam satu room terdiri dari 4 tim, yang tiap timnya terdiri dari 2 orang. Ajang debate ini menuntut pemahaman atas berbagai isu terkini, kemampuan mengolah informasi, kemampuan komunikasi yang efektif menggunakan bahasa Inggris, dan yang paling utama, kemampuan berargumentasi. NUDC diadakan setiap tahun sejak 2008, menantang setiap mahasiswa untuk berpartisipasi sekaligus berpikir kreatif. 

Berbeda dengan NUDC, KDMI merupakan debate bahasa Indonesia tingkat nasional yang mengadopsi model debate Asian Parliamentary, terdiri dari 2 tim yang masing – masing timnya terdiri dari 3 orang dalam satu room. KDMI pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018 di Universitas Negeri Malang. Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, tahun ini acara harus diadakan secara daring untuk menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. 

Sebanyak 6 mahasiswa delegasi ITTP yang terlibat pada ajang ini, mereka adalah : 

Delegasi National University Debating Championship (NUDC) : 

  • Andre Citro Febriliyan Lanyak (S1 Teknik Informatika’19)
  • Monica Fransiska Sridewi (S1 Sistem Informasi’19)
  • Enggar Priyatiningsih (S1 Sistem Informasi’19)
  • Pembimbing : Alans Rilo Pambudi (IONS Teacher, National Debater and Director)

Delegasi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) : 

  • Dita Trianingrum (S1 Teknik Industri’18)
  • Muhamad Wahyu Ammar (S1 Teknik Industri’18)
  • Violita Anggraini (S1 Teknik Industri’18)
  • Pembimbing : Aulia Sholichah Iman N., M.Pd (Dosen IAIN Cirebon/Awardee Doctoral LPDP/Aktivis Anti Korupsi) 

Mereka semua saat ini sedang berada pada tahap penyisihan di tingkat wilayah. Untuk persiapan sendiri mereka mengaku sama – sama mempersiapkan diri mulai dari latihan membangun mosi (topik yang diperdebatkan oleh para peserta yang terbagi menjadi pihak pro dan pihak kontra). Selain itu, mereka juga melatih diri dengan cara menonton video – video finalis tahun – tahun sebelumnya. 

Mari kita dukung mereka agar dapat berjaya mengharumkan nama IT Telkom Purwokerto dalam ajang nasional bergensi ini. Semoga semangat mereka mengikuti kompetisi dapat diikuti oleh rekan – rekan mahasiswa yang lainnya. (ITW)

Dokumentasi delegasi mahasiswa pada Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia beserta dengan pembimbing
Dokumentasi para delegasi mahasiswa National University Debating Championship beserta dengan pembimbing

Komentar

Baca Berita terkait