ITTP Lepas Mahasiswa KKN Tematik untuk 3 Mitra Desa

Sebanyak 27 mahasiswa prodi S1 Teknik Telematika IT Telkom Purwokerto secara resmi dilepas untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik di tiga mitra desa binaan ITTP, pada Kamis, (30/9) kemarin. Pelepasan dipimpin langsung oleh Rektor ITTP, Dr. Afrianto Fahmi, S.T., M.T.

Desa mitra tujuan pelaksanaan KKN Tematik ini, diantaranya Desa Melung, Desa Karanggintung, dan Desa Pliken. Ketiganya terpilih setelah melewati tahap seleksi, yang meliputi proses observasi desa dan penyusunan program kerja.

KKN Tematik (KKNT) sendiri merupakan salah satu bagian dari program Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dalam hal Kegiatan Membangun Desa, untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk terjun langsung mengidentifikasi, menangani masalah, dan mengambangkan potensi yang ada di masyarakat. 

Dokumentasi Dr. Afrianto Fahmi, S.T., M.T, saat memberikan sambutan dan secara resmi melepas mahasiswa KKN-Tematik

Ini sejalan dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), pada pasal 18 yang menyebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan dapat dilaksanakan dengan menganut : 1) Mengikuti seluruh program pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; serta 2) Mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar, dan sisanya dapat mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.  

Dalam pelaksanaannya, ITTP bekerjasama dengan tiga perguruan tinggi di Purwokerto, seperti Stikom Yos Sudarso dan Universitas Wijaya Kusuma. Yang bermaksud dapat memenuhi keberagaman bidang ilmu para peserta KKNT. Kegiatan akan dimulai dari bulan Oktober sampai dengan Januari 2022. 

LPPM ITTP berperan penting, yaitu sebagai pelaksana dari program KKN Tematik ini. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Danny Kurnianto, S.T., M.Eng, selaku Kepala Bagian LPPM ITTP.   

Dokumentasi Danny Kurnianto, S.T., M.Eng, saat memberikan laporan dan sambutan

“Alhamdulillah pelepasan ini berjalan dengan lancar, seluruh tamu undangan (Unsoed, Stikes Yos Sudarso, Universitas Wijaya Kusuma, UNU, UMP, Amikom, Universitas Harapan Bangsa) juga hadir secara langsung. Ini menjadi sinyal baik bagi kami bahwa program KKNT disambut baik oleh semua pihak. Tugas LPPM dalam kegiatan ini salah satunya, yaitu melakukan monitoring kegiatan, selain oleh dosen yang bertugas mendampingi mahasiswa KKNT. Nantinya monitoring ini dapat membantu menyelesaikan masalah atau kendala yang terjadi. Nantinya, untuk pelaksanaan Monev (Monitoring Evaluasi) dan Seminar Hasil KKNT juga akan dilaksanakan oleh LPPM ITTP. Saya berharap kegiatan KKNT ini dapat berjalan dengan lancar kedepannya,” ungkapnya. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan KKNT ini, mahasiswa dapat lebih matang softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin, dan leadership nya. (ITW)

Dokumentasi salah satu Kepala Desa Mitra saat memberikan sambutan
Dokumentasi perwakilan mahasiswa secara simbolis dilepas untuk melaksanakan KKN-Tematik oleh Dekan FTTE
Dokumentasi saat foto bersama para tamu undangan, Rektor ITTP, serta peserta KKN-Tematik

Komentar

Baca Berita terkait