ITTELKOM-PWT.AC.ID – Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) siap untuk bekerjasama dengan Desa Samudra Kabupaten Banyumas, yang belum lama ini meraih juara tiga Pokdarwis tingkat Kabupaten. Melalui Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Dr. Ali Rokhman M.Si., yang juga merupakan salah satu assessor Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Banyumas, kedepan akan membantu pengembangan  produk melalui pelatihan dan pengabdian masyarakat, setelah adanya kesepakatan kerjasama antara kedua belah pihak.

Pada hari Jumat (30/11), Rektor ITTP bersama Asessor Pokdarwis lainnya, Sopan salah satu pegiat wisata di kabupaten Banyumas, dan Fahrudin dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas, mengadakan kunjungan secara langsung ke Desa Samudra tersebut.

Desa Samudra sendiri memiliki potensi dalam pengembangan wisata, khususnya untuk wisata tempat bersejarah. Serta ada potensi yang khas, yaitu adanya pengelolaan Teh dengan hasil aroma khas. Sehingga desa ini dinobatkan menjadi juara ketiga dalam jambore Pokdarwis tingkat Kabupaten Banyumas belum lama ini.

Rektor ITTP Dr. Ali Rokhman M.Si., mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan sekarang merupakan salah satu bentuk dari tindak lanjut dari kegiatan Jambore Pokdarwis tingkat Kabupaten Banyumas, kebetulan dari kegiatan tersebut, Desa Samudra meraih juara ketiga. “Desa sangat memiliki potensi wisata luar biasa, kami sangat senang adanya produk khas, seperti Teh Samudra, akan tetapi kemasannya masih sederhana, dan belum memiliki label industri sehingga ini menjadi sulit ketika masuk di pasaran,” katanya.

“Kami dari Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto memiliki SDM yang bepotensi untuk mengembangkan produk yang dimiliki oleh Desa Samudra. Kedepan kami sangat terbuka bersama – sama mendorong Desa Samudra untuk berkembang, salah satunya dengan mengadakan pelatihan yang dimentori oleh Dosen – Dosen kami,” tambahnya.

Sebagai informasi, bahwa tempat wisata yang sedang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata adalah Tembak Sela, Ajar Wirangrong, Teh Pokta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.