LAGI! IT TELKOM PURWOKERTO KEMBALI JADI PENYELENGGARA IEEE COMNETSAT 2022

IT Telkom Purwokerto kembali memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 11th IEEE COMNETSAT 2022 yang digelar pada 3 – 5 November 2022, dengan menggandeng Universitas Semarang sebagai Co-Host.   

IEEE Conference on Communications Network and Satellite atau disingkat IEEE COMNETSAT merupakan event internasional bagi para akademisi, peneliti dan para praktisi yang tertarik dalam studi, analisis, desain, pemodelan, serta implementasi dalam bidang Sibernetika, Sistem Mesin, Kecerdasan Komputasi, Sains dan Sistem Teknik.  

Dimana tujuannya adalah untuk menggaet publikasi internasional, yang tentunya memiliki seleksi yang ketat dan berstandar IEEE. Selain itu, penyelenggaraan ini juga berkaitan erat dengan implementasi dari internasionalisasi IT Telkom Purwokerto. 

Dr. Anggun Fitrian Isnawati, S.T., M.Eng, selaku Wakil Ketua Penyelenggara mengungkapkan jika ada banyak manfaat yang didapat dari kesempatan ini, salah satunya adalah membuka kesempatan kerjasama internasional dalam hal penelitian kolaborasi. 

“Selain tadi tujuannya untuk internasionalisasi.. Harapannya supaya banyak peluang kerjasama terutama kerjasama internasional terkait dengan penelitian,” ungkap Anggun Fitrian. 

Rangkaian acara dibuka langsung dengan opening speech dari Rektor IT Telkom Purwokerto, Dr. Arfianto Fahmi, S.T., M.T., IPM; Dr. Ing. Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom (IEEE Indonesia Section); Dr. Bambang Setia Nugroho (IEEE Comsoc); dan Dr. Arifin Nugroho, D.E.A. (IEEE GRSS), diikuti sesi keynote speech dan paralel sessions pada hari pertama dan kedua, dan networking pada hari ketiga. 

Dokumentasi Rektor IT Telkom Purwokerto saat memberikan opening speech IEEE COMNETSAT 2022 secara online
Dokumentasi ; Dr. Ing. Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom (IEEE Indonesia Section) saat memberikan sambutan di IEEE COMNETSAT 2022 secara online
Dokumentasi Dr. Bambang Setia Nugroho (IEEE Comsoc) saat memberikan sambutannya di IEEE COMNETSAT 2022 secara online
Dokumentasi Dr. Arifin Nugroho, D.E.A. (IEEE GRSS) saat memberikan sambutan acara IEEE COMNETSAT 2022 secara online

Terdapat empat Keynote Speaker pada COMNETSAT 2022 ini, diantaranya : Carla Raffaelli, M.Sc., Ph.D. (University of Bologna) dengan topik Networking Slicing : from definition to evolution towards 6G; Dr. Vasilis Friderikos (King’s College London) dengan topiknya Aerial Robotic Small Cells for Efficient 6G Network Densification; dan Dr. rer. nat. Nolang Fanani, B.Eng., M.Sc. (Hyundai Mobis R&D Center Europe, Germany) dengan topik Artificial Intelligence for Autonomous Vehicles

Dokumentasi ; Dr. Vasilis Friderikos (King’s College London) saat menghadiri IEEE COMNETSAT 2022 secara online
Dokumentasi Carla Raffaelli, M.Sc., Ph.D. (University of Bologna) saat menghadiri IEEE COMNETSAT 2022 secara online

Tahun ini ada total ada sebanyak 150 paper masuk, sedangkan untuk jumlah yang diterima ada sebanyak 88 paper atau sebesar 58% persentase dari 15 negara submitter. Paper asal IT Telkom Purwokerto yang diterima sendiri ada sebanyak 5 – 6 paper. Seleksi yang ketat ini dilakukan oleh sekitar 350 reviewer dari seluruh dunia. 

Bagi para akademisi yang belum submit papernya pada international conference tahun ini, masih bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti IEEE Comnetsat tahun 2023.

“Tahun depan ini InsyaAllah, kita dipercaya lagi untuk menghandle COMNETSAT 2023. Rencananya di Malang dan harapannya tahun depan itu bisa hybrid. Minimal itu kita ada pembelajaran, conference tapi secara offline,” jelasnya. 

Bahkan sepertinya tidak hanya 2023 saja, kemungkinan pada 2024 juga ITTP masih menjama tadi sudah di spill kalau 2024 kita juga diberi kesempatan lagi dan rencananya akan menggandeng universitas di Malaysia..” tambah Anggun Fitrian. 

Dr. Anggun sangat menyambut baik adanya event ini, meskipun harus mempersiapkan waktu dan sumberdaya yang tidak sedikit, tapi memberikan banyak manfaat juga tentunya.

“Kalau saya menyambut baik, jangan dilihat ini sebagai beban, tapi harus menganggap ini sebagai tantangan. Seperti yang kita tahu bahwa IEEE ini bukan organisasi kecil, tentunya mendapat kesempatan ini juga membawa kebanggan tersendiri,” terangnya.

“Tadi juga malah sudah di spill, tahun 2024 kita masih dipercaya sebagai penyelenggara, rencananya akan menggandeng universitas di Malaysia..” tutup Anggun. (ITW)

Dokumentasi Dr. rer. nat. Nolang Fanani, B.Eng., M.Sc. (Hyundai Mobis R&D Center Europe, Germany) saat mengisi acara IEEE COMNETSAT 2022 secara online
Dokumentasi Merlinda Wibowo, S.T., M.Phil (Dosen & Kepala Urusan Kerjasama Luar Negeri IT Telkom Purwokerto) bersama dengan Sahashiv Phadnis (Anritsu Company, Morgan Hill, CA) di hari ketiga IEEE COMNETSAT 2022, (5/11)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait