Kabar gembira datang dari mahasiswa prodi S1 Teknik Informatika (IF), yakni Fadil Al Afgani (17102103), Adam Ikbal Perdana (17102001), dan Akhmad Triaji (17102026), yang telah berhasil lolos pada ajang Call for Chapter berjudul “Memberdayakan Masyarakat Digital” oleh Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). Kabar ini diumumkan pada tanggal (16/1) lalu.

Penulis Naskah 1 (Membangun Kota Cerdas Melalui Literasi Digital ) oleh Muhammad Eka Purbaya, S.T., M.Eng dan Fadil Al Afgani

Penulis Naskah 2 (Penerapan Internet Sehat dan Literasi Digital) oleh Fadil Al Afgani dan Muhammad Eka Purbaya, S.T., M.Eng

Penulis Naskah 3 (Menanamkan Internet Sehat dan Aman untuk Anak) oleh Adam Ikbal Perdana dan  Akhmad Triaji 

Berawal dari Eka Purbaya, selaku dosen mata kuliah Komputer dan Masyarakat yang terus mendorong mahasiswanya untuk membuat sebuah artikel yang dapat dipublikasikan. Sebelumnya, ia  menugaskan mahasiswanya untuk mempublikasikan artikel karya mereka melalui Kompasiana (https://www.kompasiana.com/) untuk memenuhi tugas ujian tengah semester (UTS). Sedangkan saat ujian akhir semester (UAS), Ia menyarankan para mahasiswa untuk mengikuti ajang Call for Chapter oleh UNIMMA. 

Acara ini diselenggarakan secara online dengan berbagai tema, diantaranya : Berwirausaha di Era Digital untuk Anak dan Remaja; Kualitas Pertemanan Hubungan Keluarga dan Relasi di Tempat Kerja di Era Digital; Internet Sehat dan Persoalan – Persoalan Terkait Literasi Digital dan Literasi Informasi; Problematika Hukum, Pendidikan, dan Kesehatan Jasmani dan Mental Masyarakat Digital. 

Bertujuan untuk memunculkan gagasan kreatif dari mahasiswa untuk psikoedukasi, pelatihan, dan penyuluhan untuk pemecahan masalah masyarakat digital. 

“Tentunya saya merasa sangat senang dan bangga akhirnya materi perkuliahan yang saya sampaikan di Kelas Komputer dan Masyarakat tidak hanya dipahami saja. Akan tetapi mahasiswa prodi Informatika khususnya turut memberikan sumbangsih berupa inovasi kepada masyarakat digital melalui media penulisan naskah di book chapter tersebut”, kesan Eka selaku pembimbing mahasiswa yang lolos. 

Tak lupa Ia juga memberikan sedikit pesannya untuk rekan – rekan mahasiswa yang lain agar terus semangat berproses. 

“Untuk teman – teman semua, tetap semangat, gali kreatifitas, dan tetap berani mencoba peluang yang ada untuk terus meningkatkan kemampuan diri Anda,” ungkapnya. (AM/ITW)

Dokumentasi Beberapa Naskah pada Daftar Isi Buku Terbitian
Dokumentasi Cuplikan pada Pembukaan Naskah 1
Dokumentasi Cuplikan dari Naskah 2
Dokumentasi Cuplikan dari Naskah 3