ITTELKOM-PWT.AC.ID – Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) memberikan kesempatan secara luas bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri, baik hardskill maupun softskill. Melalui Unit International Office (IO), ITTP menggelar International Student Exchange (Program Pertukaran Pelajar), bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Mobilitas dan integrasi kawasan Asia dan dunia saat ini sangat pesat, sehingga otomatis peningkatan mobilitas antar negara juga semakin signifikan. Hal ini menyebabkan perguruan tinggi memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang mampu menciptakan dan memelihara masyarakat yang global dan berbasis pengetahuan.

Ini yang kemudian melatarbelakangi ITTP menyelenggarakan student exchange dengan salah satu negara di Asia. UTHM adalah salah satu kampus besar di Negeri Jiran.

Hari Widi, Kepala Urusan IO, mengungkapkan bahwa unit IO memberikan kesempatan seluas – luasnya pada mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka, dengan meraih pengalaman dengan belajar secara internasional. “Mudah-mudahan mahasiswa terus terjaga motivasinya mengikuti program ini sampai selesai. Untuk kegiatan sendiri saat ini menguntungkan bagi para mahasiswa karena diselenggarakan secara Daring melalui sistem LMS UTHM,” katanya.

Untuk tahapan dalam proses seleksi sendiri terdiri dari seleksi administrasi dan interview. Pada tahap pertama, mahasiswa diminta mengumpulkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksi. Berikutnya mahasiswa yang lolos seleksi administrasi mengikuti proses interview dengan Kepala International Office, Kaprodi Sistem Informasi dan Kaprodi Informatika.

Hasil seleksi ini menghasilkan 3 mahasiswa yang lolos dalam program student exchange. Mereka adalah Jerry Lasama dari S1 Prodi Informatika, kemudian Sevira Wulandari dan Zahra Nur Aziza dari Prodi S1 Sistem Informasi. Para mahasiswa ini mengikuti perkuliahan di UTHM secara daring sampai dengan Februari mendatang. Berikutnya, mata kuliah yang mereka ikuti di UTHM akan dialihkreditkan dan diakui oleh program studi terkait di ITTP.

Agenda kedepan direncakanan ITTP akan mengundang mahasiswa UTHM untuk ikut mengikuti pembelajaran di ITTP.

Open chat