Mahasiswa ITTP Lolos Program International Credit Transfer di Asia University

Kabar membanggakan kembali datang dari mahasiswa ITTP yang berhasil lolos pada Virtual Exchange Programme ICT Asia University. Program yang diselenggarakan berkat kerjasama antara ITTP dengan Asia University dalam bidang transfer kredit internasional yang membuka kesempatan kepada seluruh program studi di ITTP dengan program studi di Asia University Taiwan.  

Sesuai namanya, program ini diselenggarakan secara virtual mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga kini. Nantinya, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan bersama dengan mahasiswa internasional lainnya pada Asia University selama satu semester dimulai dari 13 September hingga 15 Januari 2021. 

Para mahasiswa yang lolos, diantaranya Andi Musdalifa (S1 Sistem Informasi); Annida Nur Islami (S1 Teknik Informatika); Annisa Wahidhatun Ni’mah Al Kautsar (S1 Teknik Informatika); Ayu Silvia (S1 Sistem Informasi); Damiana Trivinita L Blolong (S1 Teknik Informatika); Elizabeth Christina (S1 Teknik Informasi); Erika Lety Istikhomah Puspita Sari (D3 Teknik Telekomunikasi); Miko Ardian (S1 Sains Data); Nadya Sadira Verdayani (S1 Teknik Informatika); Shafa Ramadhani Sabina (S1 Desain Komunikasi Visual); dan Zahra Nur Aziza (S1 Sistem Informasi).

Sebelum akhirnya lolos mengikuti program ini, mereka telah menyelesaikan serangkaian tes seleksi, mulai dari seleksi nilai IPK yang minimum harus 3.00, berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang baik, tes TOEFL dengan minimal skor 450/ IELTS minimal 5.00, dan telah menempuh satu tahun perkuliahan di kampus asal. 

Andi Musdalifa, salah satu mahasiswa yang lolos program ini, berharap akan mendapatkan banyak manfaat, seperti pengalaman internasional tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, memperluas koneksi, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, serta banyak ilmu terkait dengan perkuliahan, yaitu Business and Social Ethic, serta Business Research Method yang akan didapatkannya nanti. 

“Program ini sangat berbeda dari program lainnya yang diselenggarakan di ITTP, karena dapat mengikuti kuliah virtual di kampus yang berada di kawasan Asia Timur, dimana yang lainnya masih pada kawasan ASEAN. Terlebih lagi kampus Asia University ini menduduki peringkat pertama sebagai kampus swasta terbaik di Taiwan dan ketiga terbaik di seluruh Taiwan versi Higher Education 2021..” ungkapnya. 

Taiwan memang dikenal memiliki sistem pendidikan tinggi yang kuat sekaligus menduduki peringkat ke-19 dalam Peringkat Kekuatan Sistem Pendidikan Tinggi QS, ditambah dengan budaya yang memadukan antara tradisional dan modern. Selain itu, juga sangat cocok untuk mahasiswa yang tertarik pada bidang teknologi dan informasi karena negara ini memiliki peranan penting dalam masa depan teknologi digital dunia, salah satunya berkat produksi industri semikonduktor-nya. Disana juga terdapat kota dengan industri teknologi terkemuka di dunia serupa Silicon Valley AS, yakni Taman Sains Hsinchu.

“Saya bersyukur karena ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk saya. Semoga program ini dapat menjadi pijakan yang kuat untuk dapat mengikuti program internasional lainnya selama saya berkuliah di ITTP. Tentunya, saya juga berharap untuk mendapatkan manfaat yang berharga dan lebih bisa termotivasi agar semangat mengikuti program ini dengan baik.” pungkas Andi Musdalifa. 
Keberhasilan para mahasiswa ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dosen dan Kantor Urusan Internasional (KUI) ITTP. Hari Widi Utomo, S.Pd., M.Ed selaku kepala KUI (Kantor Urusan Internasional) ITTP turut membantu untuk mengurus persyaratan dan keperluan yang dibutuhkan untuk program ini. (ITW)

Berikut ini dokumentasi profil para mahasiswa tersebut :

Dokumentasi profil dari Nadya Sadira (kiri), Ayu Silvia (tengah), dan Andi Musdalifa (kanan)
Dokumentasi profil dari Annisa Wahidhatun (kiri atas), Annida Nur (kanan atas), Zahra Nur Aziza (kiri bawah), dan Shafa Ramadhani (kanan bawah)
Dokumentasi profil dari Erika Lety (kiri atas), Miko Ardian (kanan atas), Elizabeth Christina (kiri bawah), dan Damiana Trivinita (kanan bawah)

Komentar

Baca Berita terkait