MAHASISWA ITTP MASUK 10 BESAR FINALIS PUTRA DUTA BAHASA JAWA TENGAH 2021

Pada hari Kamis, (15/4), mahasiswa ITTP kembali harumkan nama kampus setelah dinyatakan masuk jajaran 10 besar finalis putra Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Reza Iqbal Pramudya, mahasiswa prodi S1 Teknik Informatika angkatan 2019 ini lolos berkat proposal yang diajukannya, yakni mengenai sebuah aplikasi web yang Ia beri nama “Si Kromo”. 

Si Kromo merupakan sebuah aplikasi penerjemahan bahasa dari Bahasa Indonesia ke bahasa Jawa Krama. Ia merancang ide ini agar bahasa Jawa khususnya Jawa Krama dapat terus dilestarikan oleh para generasi muda, dan juga mempermudah para pengguna yang ingin belajar bahasa krama. 

Gagasan ini berawal dari keprihatinannya terhadap banyaknya pemuda seusianya yang mulai melupakan bahasa Jawa Krama, Ia merasa jika mereka sudah tidak mengenalinya lagi bahkan tidak menggunakannya pada kehidupan sehari – hari. 

Dokumentasi profil Reza Iqbal Pramudya

“Saya merasa prihatin karena bahasa Jawa Krama sudah jarang sekali digunakan oleh kalangan pemuda. Mereka lebih memilih berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa asing. Bukan saya tidak setuju dan tidak mendukungnya, tetapi menurut saya jika generasi muda tidak melestarikannya, lantas siapa lagi ?”, ujar pemuda asal Purworejo ini. 

Setelah pengumuman finalis, kini Ia sedang menjalani berbagai pembekalan secara daring, seperti pembekalan kebahasaan, penyusunan produk berbasis IT, dan juga pembekalan kepribadian. Selanjutnya, mulai tanggal 29 – 31 Mei mendatang, Ia akan mendapat bimbingan teknis langsung di SMK Raden Umar Said Kudus untuk mempersiapkan diri pada final raya yang akan diadakan pada tanggal 12 – 13 Juni 2021. 

“Yang pertama saya sedang mempersiapkan laman website “Si Kromo” yang saya ajukan bersama dosen pendamping saya, yakni pak Novian Adi Prasetyo, S.Kom.,M.Kom. Lalu mempersiapkan tentang kebahasaan dengan pak M Lukman Leksono, S.Pd.,M.Pd, sekaligus berlatih public speaking dengan beliau. 

Pesan kesan tentunya sangat senang bisa menjadi 10 besar finalis putra pada pemilihan Duta Bahasa ini. Selain bisa membawa nama kampus ditingkat provinsi Jawa Tengah, saya juga membawa nama daerah asal saya yaitu Purworejo”, ucap Reza Iqbal menutup sesi wawancara. (ITW)

Dokumentasi Reza Iqbal Pramudya (ketiga dari sisi kiri baris pertama) beserta para finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2021
Dokumentasi pada saat Reza sedang melakukan shooting video minat bakat