ITTELKOM-PWT.AC.ID – Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Prodi (Program Studi) S1 Sistem Informasi saat ini tengah menerima dan menjalankan Program Hibah Bina Desa (PHBD) tahun 2019. Program tersebut rencananya akan diterapkan di Desa Ketenger Kecamatan Baturraden, yang memiliki karakteristik mendukung bagi lancarnya program PHBD tersebut.

Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi Sisilia Thya Safitti M.T., mengatakan “Program Hibah Dana Desa merupakan salah program rutin yang selalu diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Mudah – mudahan mahasiswa kami selalu termotivasi untuk terus mengembangkan diri dan membantu kepentingan masyarakat khsususnya,” katanya.
Tujuan dari PHBD adalah untuk membangun kerjasama yang baik antara mahasiswa, Pendidikan Tinggi, Pemerintah Daerah, Swasta dan masyarakat yang tinggal di pedesaan.
Kali ini HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) memusatkan kegiatan PHBD di Desa Ketenger Kecamatan Baturraden. Sebagai awal kegiatan bersama Desa Ketenger adalah melakukan proses pengabdian masyarakat (Pengmas) yang didalamnya ada kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Rencana Pengmas diadakan pada tanggal 14-15 Desember 2019 mendatang, sedangkan FGD dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2019.
“Tema dalam kegiatan PHBD ini adalah Pemanfaatan ICT sebagai Upaya Perluasan Pemasaran Produk Bagi Industri Pariwisata,” ungkap Intan Mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi.

Kita akan melakukan identifikasi kebutuhan website pariwisata di desa Ketenger. Mudahan-mudahan kegiatan demi kegiatan berjalan lancar sampai akhir, tambahnya.
Dalam proses FGD dihadiri oleh 10 orang pegiat dan anggota Karang Taruna Desa Ketenger, Ari Cahyono selaku pegiat wisata Desa Ketenger, Darsono selaku Ketua Dewi Gilang, dan Rusam Winoto selaku Ketua BPD, Tata Sambada selaku Wakil Rektor 3 Bidang Pemasaran dan Kemahasiswaan, dan Didi Supriyadi selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Informatika. Berdasarkan dari FGD didapatkan kesepakatan sebagai berikut:

  1. Url website adalah ketenger.com,
  2. Menu website adalah wisata alam, wisata budaya, wisata husada, wisata edukasi dan wisata religi,
  3. Terdapat menu paket wisata yang ditawarkan.

Adapula dalam acara implementasi PHBD dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Desa Ketenger dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang diwakilkan oleh Ketua BDP dan Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Pemasaran Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *