MAHASISWI PRODI SAINS DATA MERAIH MEDALI EMAS DALAM OLIMPIADE SCIENCE NASIONAL

Mahasiswi Prodi S1 Sains Data, Sri Handini berhasil meraih Medali Emas pada cabang lomba Ekonomi Indonesian Olympic of Science (IOS) tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh POSI (Persatuan Olimpiade Sains Indonesia). Kemenangan yang diraih oleh mahasiswa angkatan 2020 ini menyumbang sebuah prestasi untuk IT Telkom Purwokerto dan Prodi Sains Data.

Indonesian Olympic of Science (IOS) merupakan kompetisi sains nasional yang diadakan oleh POSI dengan membuka banyak bidang lomba yang dapat diikuti oleh Mahasiswa, Guru & Siswa Jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Bidang lomba untuk tingkat Mahasiswa diantaranya Matematika, Fisika, Astronomi, kebumian, Ekonomi, dan beberapa bidang lainnya. Perlombaan pada tahun ini sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumya, dimana pada tahun ini perlombaan diadakan secara daring.

Dokumentasi piagam penghargaan yang didapatkan oleh Sri Handini
Dokumentasi Sri Handini

Kesukaannya terhadap mata pelajaran Ekonomi saat duduk dibangku SMA, membawa Sri untuk mengikuti IOS di bidang Ekonomi. Tak disangka pula, saat pengumuman pada 27 Juni 2021 lalu namanya keluar sebagai pemenang pada perlombaan tersebut. Bersaing dengan mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh Indonesia, Sri mengaku mengalami kendala dalam memahami soal ekonomi dalam bahasa Inggris. Namun keuletan dan kehati-hatiannya dalam menjawab soal olimpiade mengantarnya mendapatkan penghargaan medali emas.

“Kuncinya itu ada di belajar. Arti belajar disini bukan cuma belajar materinya saja tapi juga belajar mengenai manajemen waktu. Terus jangan lupa minta doa orang tua.” ungkapnya.

Kemenangannya di IOS membawa udara segar bagi program studi Sains Data, yang mana teman-teman satu jurusannya juga banyak termotivasi untuk mengikuti kompetisi lainnya. Harapannya ke depan lewat kemenangannya kali ini untuk bisa dijadikan motivasi bagi dirinya sendiri dan teman-teman mahasiswa di IT Telkom Purwokerto untuk aktif mengikuti lomba di tingkat nasional maupun internasional. (TS)

Komentar

Baca Berita terkait