MAHASISWI RPL BUAT DESAIN PERANCANGAN APLIKASI BELANJA ONLINE BERBASIS AR

Tak mudah berpuas diri, adalah salah satu karakter mahasiswa IT Telkom Purwokerto, tak terkecuali mahasiswa prodi Rekayasa Perangkat Lunak. Kali ini, Tim OUTFIT.ING yang beranggotakan Yolanda Al Hidayah Pasaribu, Hasna Rizki Violina dan Fauziyah Ulur Rosyad Prawidani, berhasil meraih Juara 3 pada acara PITCOMFEST 2.0 yang diselenggarakan oleh HMP Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta (24/7).

Pada kesempatan ini, ketiga mahasiswi RPL angkatan 19 ini membuat sebuah aplikasi e-commerce di bidang fashion berbasis mobile yang dirancang untuk memasarkan pakaian secara online. Uniknya, mereka menggagas fitur baru, yakni fitur fitting room yang berbasis AR (Augmented Reality) untuk meminimalisir ukuran pakaian yang ingin dibeli. 

Seperti yang kita tahu, teknologi AR saat ini cukup populer karena bisa menggambarkan kehidupan nyata dalam dunia virtual, sehingga penggunaannya juga cukup banyak digunakan untuk solusi masa pandemi seperti sekarang ini dimana kita dihimbau untuk berkegiatan secara online. Dengan menggunakan teknologi ini, pembeli dapat seolah – olah sedang mencoba pakaian yang akan dibelinya, sama seperti yang biasa dilakukan di fitting room sebuah toko pakaian. 

PITCOMFEST atau PTI IT COM Festival 2.0 tahun 2021 bertemakan “Tumbuh Kreatif Bersama Teknologi di Era Pandemi Covid-19”, membawa misi agar mahasiswa Indonesia tidak kehilangan semangat dalam berkreativitas, sekaligus sebagai media dalam menyalurkan ide dan bakat khususnya di bidang teknologi, meski di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

Dari tiga cabang lomba yang diadakan, diantaranya Micro Teaching, UI/UX, dan Media Pembelajaran, Tim dari ITTP ini kompak untuk memilih cabang UI/UX. 

Ide awal pembuatan aplikasi ini sendiri digagas dari pengalaman pribadi mereka, yang mendapatkan produk cacat atau tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan setiap kali membeli produk secara online. Dari keresahan inilah mereka menggabungkan antara filter 3D pada aplikasi snap instagram dengan aplikasi OUTFIT.ING. 

Dokumentasi desain aplikasi OUTFIT.ING

Dengan dibuatnya aplikasi OUTFIT.ING tentunya akan memudahkan masyarakat dalam berbelanja pakaian secara online, meminimalisir adanya kontak langsung baik antara penjual dan pembeli, serta mengurangi skala kecacatan produk.

“Jangan sia – siakan kesempatan yang ada walaupun itu kesempatan kecil, kita tidak pernah tau mana yang menjadi rezeki. Juga jangan pernah bosan untuk terus mencoba dan belajar hal baru, Semangat!” singkat Yolanda mengakhiri sesi wawancara. 

Semoga dengan prestasi tiga mahasiswi ini, dapat membawa semangat baru bagi rekan – rekan mahasiswa di IT Telkom Purwokerto untuk terus menuangkan ide dan kreativitasnya pada bidangnya masing – masing. (ITW)

Berikut ini dokumentasi profil ketiga mahasiswi tim OUTFIT.ING :

Dokumentasi profil Yolanda Al Hidayah Pasaribu
Dokumentasi profil Fauziyah Ulur Rosyad Prawidani
Dokumentasi profil Hasna Rizki Violina

Komentar

Baca Berita terkait