MEMBANGGAKAN ! MAHASISWA IT TELKOM PURWOKERTO RAIH MEDALI DALAM AJANG INTERNATIONAL

*Sumber gambar : Instagram if_ittelkom

Syahrul Samudra, Mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Teknik Informatika meraih penghargaan Silver Medal dalam ajang The International University Carnival on E-Learning (IUCEL2022) pada 20 Juli 2022 yang diadakan Universitas Putra Malaysia.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengirimkan perwakilan mahasiswanya Syahrul Samudra didampingi oleh salah satu dosen S1 Teknik Informatika, Merlinda Wibowo, S.T., M.Phil.

Syahrul menempati kategori Invention, Innovation & Design On E-Learning (IIDEL). Gagasan yang dibawa pada perlombaan tersebut adalah “MENJADIREMAJA: A Learning Media For Children Sex Education Using Gamification And Video-Based Learning Methods”.

Dokumentasi cuplikan jurnal “MENJADIREMAJA : A Learning Media For Children Sex Education Using Gamification And Video-Based Learning Methods

“MENJADIREMAJA adalah sebuah platform pendidikan seksual berbasis website yang menggunakan metode gamifikasi dan video-based learning,” terang Syahrul.  

“Awalnya ini adalah proyek Tugas Akhir (TA) saya, namun karena ingin lebih berguna untuk orang banyak khususnya generasi muda, maka saya ikutkan dalam perlombaan ini”, tambahnya. 

Dalam perlombaan ini ITTP berkolaborasi dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM). UTM memberikan pendampingan dalam mematangkan ide dari media pembelajaran seksual yang diibuat oleh Syahrul dan Merlinda.

“Kolaborasi ini dilakukan sebagai langkah awal untuk bekerja sama dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM),” jelas Merlinda saat diwawancara.

Tahapan dalam perlombaan yakni diawali dengan pengiriman abstrak, poster, jurnal hasil penelitian dan diakhiri dengan presentasi di hadapan para juri secara daring.

Dokumentasi Merlinda Wibowo, Dosen Pembimbing Syahrul Samudra. Sumber gambar : Instagram if_ittelkom

Merlinda mengatakan bahwa penghargaan ini adalah sesuatu yang membanggakan. Ia berharap dari ITTP bisa mengikuti perlombaan serupa di tahun berikutnya, dengan lebih banyak peserta yang diikutkan.

“Semoga tahun berikutnya ITTP dapat mengirimkan lebih banyak karya sehingga peluang untuk menjadi best of the best semakin besar,” harap Merlinda.

Sementara itu Merlinda mengatakan bahwa Rektor ITTP, Dr. Arfianto Fahmi, S.T., M.T., IPM juga sangat mengapresiasi dan berharap ini menjadi langkah baru dalam mencetak banyak prestasi lagi.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi civitas akademik ITTP, semoga yang lainnya bisa meniru menyusulnya,” harap dia. (Bunga)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait