ITTP melalui tim mitigasi bencana menyalurkan bantuan kepada korban banjir di desa Mujur Lor, kecamatan Kroya pada Selasa (17/10). Banjir yang mengguyur wilayah Kroya semalaman, menyebabkan air sungai meluap dan merendam permukiman warga setempat. 

Koordinator evakuasi tim mitigasi bencana ITTP, Wendy Saputro, menjelaskan bahwa ada keluarga salah satu dosen ITTP yang menjadi korban banjir disana. Saat mengetahui hal ini, ia segera mengkoordinasikan timnya untuk mengunjungi lokasi bencana. Tim mitigasi juga menyiapkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, roti dan susu sebanyak 300 paket. 

“Kami turut prihatin dengan musibah yang menimpa warga di desa Mujur Lor, dan keluarga salah satu dosen ITTP. Semoga banjir segera surut dan warga bisa kembali beraktifitas secara normal” ungkapnya.     

Selain merendam permukiman, luapan air juga berdampak pada akses transportasi karena air juga merendam jalan dengan ketinggian mencapai 150 cm. Hal ini menyebabkan akses ke rumah warga yang terdampak juga sulit. Untuk menjangkau rumah warga, harus menggunakan perahu yang terbuat dari bambu atau speed boat.

Bantuan yang datang dan ditujukan untuk warga yang terdampak, semua dipusatkan di balai desa setempat dan akan didistribusikan kepada warga. Begitu pula bantuan logistik dari ITTP. Dalam kesempatan ini, tim mitigasi ITTP bertemu dan menyerahkan bantuan secara langsung kepala Kepala Desa Mujur Lor, Bp Sadimun. 

“Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh ITTP. Alhamdulillah banyak pihak yang bersedia membantu kami disini. Apapun yang diberikan, mudah – mudahan ini bermanfaat untuk seluruh warga” katanya.  

Tim mitigasi bencana sendiri merupakan tim yang dibentuk di lingkungan internal ITTP yang mempunyai tugas untuk memberikan edukasi tentang kebencanaan dan penanganan darurat saat terjadi bencana. Tim ini beranggotakan dosen dan karyawan ITTP.

Open chat