*Gambar diatas ini adalah foto bersama antara tim dosen, mahasiswa asisten pengmas, dan ibu – ibu penggerak pkk Desa Baseh

Sabtu, (30/1), telah diadakan kegiatan pengmas yang bertempat di rumah kepala desa Baseh, Banyumas. Dengan pertimbangan protokol kesehatan dan instruksi dari Lurah setempat, peserta kegiatan ini dibatasi hanya boleh diikuti oleh maksimal 10 orang. Dimana peserta ini merupakan ibu – ibu penggerak PKK di desa Baseh. 

Tujuan dari pelatihan ini sendiri adalah untuk mengajarkan cara membuat tulisan yang ada pada buku data keluarga Dasa Wisma Desa Baseh dengan menggunakan software Microsoft Word. Ini meliputi cara pembuatan tabel, pengaturan tampilan pada dokumen, dll. Hal ini berangkat dari permintaan dan kebutuhan dari peserta yang disampaikan kepada tim dari ITTP saat melakukan survei lapangan. Sebelumnya, mereka terkendala hanya bisa membuat dokumen ini dengan cara tulis manual. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program “penggerak pkk” yang sebelumnya juga sudah dilakukan tim ITTP di Desa Baseh. Seluruh kegiatan ini didanai menggunakan dana hibah internal untuk pengabdian masyarakat internal dari ITTP. 

Rencananya, setelah terlaksananya pengmas kali ini kedepannya tim pengmas akan membuatkan sebuah sistem yang bisa digunakan oleh ibu – ibu penggerak pkk di desa Baseh. Sistem ini harapannya dapat memudahkan proses administrasi yang cukup banyak dalam lingkup PKK.

Jadi kegiatan ini tidak akan berhenti sampai disini saja, seperti yang diungkapkan oleh koordinator kegiatan pengmas ini. 

“Agenda selanjutnya kami akan membuat sebuah proposal dan kami akan ikutkan di hibah internal seperti sebelumnya, yang nantinya untuk kegiatan pengmas agar terus berkelanjutan”, jelas Dwi Januarita A.K.,S.T.,M.Kom. 

Diharapkan pengmas ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Baseh khususnya para ibu penggerak pkk. 

Gambar Dwi Januarita A.K.,S.T.,M.Kom sedang memaparkan materi pengmas
Gambar Dwi Januarita A.K.,S.T.,M.Kom mengajarkan cara membuat buku data keluarga menggunakan Ms.Word kepada Ibu Kepala Desa Baseh