Pada (15/2), telah diadakan pengabdian masyarakat di Dispermades P3A (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kab. Kebumen. Pengmas kali ini bertemakan perencanaan desa Berdikari melalui website ter-integrasi se-Kebumen. 

Kegiatan pengmas dilakukan oleh dua dosen dan satu orang mahasiswa Fakultas Informatika, yakni Rima Dias Ramadhani, S.Kom.,M.Kom dan Novanda Alim Setya Nugraha, S.S.,M.Hum., serta Meydika Candra Aji S1 Informatika’17. 

Peserta pengmas sendiri adalah seluruh PIC atau perwakilan dari BumDes se-Kebumen sebanyak 39 orang. Ke-39 orang ini telah melalui proses seleksi dari ratusan desa yang ada di Kebumen dan disatukan menjadi BumDes Berdikari, dimana potensi – potensi dari desa tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar. 

Dalam hal ini ITTP membantu menerapkan atau mengintegrasikan seluruh desa Berdikari tersebut untuk memiliki 1 website, yaitu www.berdikari.com yang nantinya dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. Selain website, ITTP memanfaatkan ini untuk penelitian internal untuk membuat katalog 39 desa tersebut yang berbasis Augmented Reality.

Berkaitan dengan kampus merdeka yang sedang dipersiapkan sekarang ini, kedepan mahasiswa dapat melakukan magang yang berkaitan dengan program KKN Tematik di salah satu Dispermades P3A untuk mengembangkan desa. 

Ada tiga tahapan yang telah dan akan dilaksanakan melalui pengmas ini, diantaranya Tahap 1 : membangun website Berdikari; Tahap 2 : Riset Katalog Tema Augmented Reality; dan Tahap 3 : PKL mahasiswa. 

“Untuk kegiatan ini, saya ingin membuka jalan kepada rekan – rekan dosen dan mahasiswa untuk dapat terjun langsung di masyarakat. Karena bidang kita ini dapat dimanfaatkan secara langsung di desa – desa yang membutuhkan, seperti misalnya desa yang masih membutuhkan akses jaringan internet dan penguatan sinyal, maka dalam hal ini dosen dan mahasiswa Teknik Telekomunikasi dapat membantu. Saya rasa kita dapat memanfaatkan potensi – potensi yang ada di masing – masing prodi untuk diterapkan langsung untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat atau desa sekitar. Selain itu, dosen juga dapat melakukan penelitian sesuai bidangnya.”, pesan Rima Dias Ramadhani, S.Kom.,M.Kom, selaku PIC kegiatan pengmas forum desa Berdikari. (ITW)

Dokumentasi pada saat pengmas di Dispermades P3A Kab. Kebumen
Diskusi bersama pada kegiatan pengmas