ITTTELKOM-PWT.AC.ID – Program Studi Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) merancang aplikasi Pikacu, yaitu aplikasi yang memiliki fungsi untuk memperkirakan dan monitoring cuaca.

Proses Pemasangan Pikacu di TPI Pantai Menganti Kabupaten Kebumen

Pikacu baru saja dipasang dan diujicobakan di Pantai Menganti Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen pada Hari Kamis (19/12), oleh Kepala Program Studi S1 Rekayasa Perangkat  Emi Iryanti S.ST., M.T., kepada Kepala TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Rasidi dan Kepala Desa Karangduwur Sutono.

Menurut Emi, aplikasi Pikacu yang merupakan kependekan dari Perkiraan Cuaca adalah salah satu komitmen prodi Rekayasa Perangkat Lunak ITTP untuk mengenalkan dan menerapkan teknologi kepada masyarakat terutama pada nelayan.

“Antusias tinggi dari nelayan setempat sangat baik, semoga dengan adanya kerjasama dalam pengembangan teknologi ini setidaknya bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka ketika akan berlayar kelaut” ujarnya.

Pikacu sendiri dibuat dengan menggunakan sistem yang sangat mudah untuk digunakan oleh masyarakat umum. Perangkat yang digunakan dalam Pikacu yaitu Monitor LCD, Raspberry Pi atau dikenal sebagai single board computer (Komputer papan tunggal), kemudian modem yang digunakan untuk menangkap sinyal internet dan memperbaharui data yang akan diinformasikan kepada nelayan di TPI Pantai Menganti.

Proses Pemograman Aplikasi Pikacu oleh salah satu Operator (Mahasiswa) IT Telkom Purwokerto.

Aplikasi Pikacu dapat merangkum informasi cuaca dari berbagai sumber untuk ditampilkan di layar secara realtime.  Sehingga  memudahkan para nelayan yang ada di Pantai Menganti.

Kepala Desa Karangduwur yang juga nelayan Pantai Menganti Sutono, mengungkapkan, bahwa adanya teknologi Pikacu ini sangat membantu sekali para nelayan yang ada di pantai menganti, karena dengan adanya teknologi ini mereka dapat melihat cuaca sebelum mereka berlayar untuk menangkap ikan dilautan, ungkapnya.

“Kami atas nama pemerintah Desa Karangduwur dan nelayan pantai menganti mengucapkan terimakasih, karena baru kali pertama dari pihak kampus yang mengimplementasikan teknologi di tempat kami, semoga kedepan dengan adanya kerjasama ini, di masa yang akan mendatang ada teknologi terbaru yang dapat diterapkan kembali di tempat kami,” tambahnya.

(5) Comments

  • more info here February 11, 2020 @ 3:50 pm

    Very nice post. I just stumbled upon your weblog
    and wanted to say that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts.
    After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  • Tipobet sanal bahis hilesi April 24, 2020 @ 10:13 pm

    Kitap Online Oku Kargo Ile Kitap Siparişi

  • ปั้มไลค์ May 25, 2020 @ 6:27 am

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  • I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.

  • I like the valuable information you provide in your articles.

Leave a Reply

Your email address will not be published.