ITTELKOM-PWT.AC.ID – Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) tidak ada hentinya dalam melakukan ragam inovasi, khususnya dalam peningkatan ICT untuk masyarakat sekitar. Belum lama ini, melalui Kelompok Kajian Pemeringkatan Desa Digital (Smart Village) berdasarkan pada Surat Keputusan Rektor No. IT Tel274/SEK-000/REK-00/V/2020 membangun suatu sistem informasi yang diberi nama Red Metric.
Fungsi dari Red Metric sendiri adalah untuk mendorong tercapainya digitalisasi desa yang terkoneksi dengan dunia luar secara daring maupun secara nyata, dan menselaraskan dengan pembentukan Smart City. Fungsi Red Metric tersebut selaras dengan misi dari Kelompok Kajian Digital ITTP sendiri, yaitu membangun ilmu dan teknologi yang terkait dengan pengembangan Desa Digital (Smart Village). Mengembangkan jaringan Kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan baik dalam maupun luar negeri terkait dengan pengembangan Desa Digital. Serta memberikan kontribusi tentang Desa Digital.

Pada hari Senin (28/9), bertempat di kampus ITTP untuk pertama kalinya diumumkan penghargaan bagi desa yang berprestasi dalam pengembangan ICT sebagai salah satu poin menuju Smart Village. Penghargaan tersebut diambil dari hasil pemeringkatan Desa yang diumumkan melalui website resmi Red Metric, yaitu redmetric.ittelkom-pwt.ac.id. Website tersebut terbuka untuk umum (masyarakat secara luas).
Berdasarkan pada pemeringkatan yang dilakukan, didapatkan sebagai penerima Desa Terbaik Pertama diraih oleh Desa Pamijen, Kedua Desa Klapagading, dan Ketiga diraih Desa Rejasari.
“Selamat kepada para pemenang, semoga menjadi motivasi dan penambah semangat untuk terus berinovasi menuju Smart Village. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam Red Metric ITTP, harapan kami dengan tersedianya wadah ini mendorong dan meningkatkan partisipasi dari Desa lainnya,” jelas CEO Red Metric Didi Supriyadi, S.T.,M.Kom.
Agus Sumarko Kepala Desa Pamijen mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada kami menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. “Terimakasih kepada Tim Red Metric ITTP yang telah memberikan kesempatan kepada kami menjadi Desa terbaik pertama dalam pemeringakatan Desa Digital tahun 2020. Mudah – mudahan tahun depan tetap ada penghargaan yang serupa seperti ini,”katanya.

Open chat