ITTELKOM-PWT.AC.ID – Pada hari jumat (15/11) Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) hadiri acara talkshow di salah satu stasiun Radio swasta (Mitra FM) yang berada di Jalan Pierre Tendean, Kabupaten Banyumas. Talkshow membahas mengenai Smart City yang sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat yang ada di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Dalam talkshow ini, turut hadir Kepala Bagian Bidang E-Government Dinas Kominfo Banyumas Endah Sulistiawati S.Sos.
Smart city adalah salah satu program yang berusaha untuk menintegrasikan seluruh sistem dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk mengelola dan menata perkotaan.


Kabupaten Banyumas adalah satu kota yang dipercaya oleh pemerintah pusat untuk mengembangkan dan menerapkan konsep smart city. Suatu hal yang mengagumkan dan membanggakan, karena dengan menjadi kota yang dipercaya mengembangkan smart city, membuka peluang bagi seluruh komponen untuk melakukan explorisasi ide – ide kreatif dan inovatif, khususnya peran dari Perguruan Tinggi memiliki peran sangat penting untuk bersama – sama membangun Banyumas menuju kota pintar (smart city).
“Untuk membangun kota pintar, kami sebagai kampus teknologi memang memiliki peran dan kami siap membantu pemerintah dan lembaga terkait dalam mewujudkan Kabupaten Banyumas yang maju, kreatif, dan inovatif.” ungkap Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman, M.Si.


Kami memiliki SDM yang siap untuk berkolaborasi, bisa dengan mengadakan pelatihan bersama maupun diskusi bersama SDM kami, tambahnya.
Perlu diketahui bahwa Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto merupakan bagian dari Dewan Smart City Kabupaten Banyumas. Menurut dia, salah satu yang sedang dalam pengembangan adalah aplikasi Salinmas (Go Sampah), yaitu aplikasi untuk menanggulangi permasalahan sampah.
Kepala Bagian Bidang E-Government Kominfo Endah Sulistiawati membenarkan dari pernyataan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto, bahwa Kabupaten Banyumas sekarang ini telah mengembangkan aplikasi yang bernama Salinmas.”Kami harapkan, adanya aplikasi Salinmas bisa membantu dan mengurangi permasalahan sampah yang sering terjadi di Kabupaten Banyumas,” jelasnya.
Smart City selalu berhubungan dengan masyarakat yang terhubung dengan teknologi ICT, adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat membawa perubahan sangat cepat. Ada 6 Dimensi dalam smart city, yaitu Smart Society, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment, Smart People, dan Smart Society.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *