ITTELKOM-PWT.AC.ID – Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Dr. Ali Rokhman M.Si., belum lama ini (15/7) memberikan pelatihan kepada seluruh pegiat Pokdarwis Se-Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisiata (Dinporabudpar) ini, bertujuan untuk meningkatkan SDM para pegiat wisata. Mengembangkan desa wisata dari aspek kelembagaan, penataan, dan pengelolaan destinasi wisata.

Dalam pelatihan tersebut Rektor ITTP lebih banyak mengupas tentang pemanfaatan Teknologi yang bisa diterapkan pada kelompok atau pegiat Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), untuk mengelola destinasi wisatanya. Terutama adalah dalam pembangunan sarana pembayaran atau ticketing yang bersifat non tunai.

Rektor ITTP memberikan pelatihan pada pegiat Pokdarwis

“Di era serba digital seperti sekarang ini, wisata sangat memungkinkan untuk menggunakan pembayaran ketika masuk zona wisata secara non tunai. Banyak platform yang dapat digunakan, seperti di kami (ITTP) saat ini semua transaksi dilakukan menggunakan aplikasi Link Aja. Kesempatan sangat baik buat semua elemen Pokdarwis jika menggunakan ragam aplikasi pembayaran non tunai sebagai syarat masuk ke wisata,” jelas Rektor ITTP.

Kabupaten Banyumas saat ini memang tengah membangun sistem yang bersumber pada DAK (Dana Alokasi Khusus) Non Fisik. Salah satunya adalah mendorong Kelompok Sadar Wisata untuk menerapkan sistem pembayaran secara non tunai menggunakan QRIS.

Para peserta pelatihan menyimak materi yang disampaikan narasumber

Kepala Bidang Pariwisata Wakhyono S.IP mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Banyumas mewajibkan setiap Desa Wisata untuk melakukan transaksi secara tunai. Permasalahan yang sering dihadapi oleh para pegiat Pokdarwis adalah terkendala dengan jaringan internet dan pengetahuan mengenai transaksi non tunai.

“Harapan kami semoga kedepan ITTP bisa mengambil peran dan berkolaborasi dengan dinas terkait dalam mewujudkan program digitalisasi di tempat wisata”.

Open chat