Reza Iqbal Pramudya Juara Favorit Duta Bahasa Jawa Tengah 2021

Mahasiswa perwakilan ITTP, Reza Iqbal dinyatakan terpilih sebagai Juara Favorit dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021. Penghargaan tersebut diberikan saat Final Raya Pemilihan Duta Bahasa yang digelar pada hari Minggu (20/6) di kota Semarang dengan standar protokol kesehatan yang ketat. 

Pada pembukaan acara, Reza bersama dengan 17 finalis Duta Bahasa Jateng lainnya menampilkan pertunjukan pembuka yang berjudul “Ande – Ande Lumut”, serta memperkenalkan diri mereka masing masing beserta asal daerahnya.

Berikutnya, ia memaparkan program yang dihasilkannya dalam ajang ini, yakni pembuatan website “Sikromo” yang berhasil dikembangkannya bersama para dosen pembimbingnya di ITTP. Sikromo merupakan website penerjemah bahasa Krama Inggil atau bahasa jawa halus. Usai pemaparan program dan penilaian, acara langsung dilanjutkan dengan penyerahan piala dan penghargaan kepada para peraih Juara Favorit. Pemenang dipilih langsung oleh para dewan juri setelah melewati tahap penilaian yang ketat.

“Dinyatakan sebagai Juara Favorit ini sangat luar biasa berkesan bagi saya. Disini saya bisa membawa nama kampus saya, ITTP dan juga daerah asal saya Purworejo. Ini juga jadi ajang pertama saya ikut dalam kontes pemilihan Duta Bahasa, jadi saya sangat bersyukur sekaligus bangga bisa langsung mendapatkan juara”, ungkapnya dengan penuh rasa bahagia. 

Pencapaian ini tak luput dari kerja keras serta bimbingan para dosen yang senantiasa mendampinginya untuk mempersiapkan baik dari segi teknis maupun kebahasaan. 

Tidak selesai sampai disini, Reza yang kini tergabung dalam ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah harus terus bertanggung jawab untuk terus menjaga sikap, perilaku, dan tutur katanya di masyarakat karena dapat dijadikan contoh khususnya di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu, seluruh finalis juga wajib melakukan pengabdian masyarakat, yakni dengan membantu berbagai program kerja yang diadakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah khususnya untuk ikut andil dalam melestarikan bahasa daerah, serta menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan. 

Ia juga masih ingin terus mengembangkan aplikasi website Sikromo yang dapat membantu program kerja di Balai Bahasa Jawa Tengah. Ia mengungkapkan kedepan Ia pasti akan mengikuti kompetisi – kompetisi serupa lainnya, karena sangat bermanfaat dan membawa dampak positif untuk dirinya. (ITW)

Dokumentasi saat Reza dinobatkan sebagai peraih Juara Favorit Duta Bahasa Jawa Tengah 2021
Dokumentasi Reza Iqbal Pramudya usai acara

Komentar

Baca Berita terkait