S1 TEKNOLOGI PANGAN IT TELKOM PURWOKERTO TERAKREDITASI “BAIK”

Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 4099/SK/BAN-PT/PB-PS/S/VII/2022, Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan (Tekpang) pada Program Sarjana IT Telkom Purwokerto dinyatakan memenuhi peringkat Akreditasi Baik, pada (3/7/2022) kemarin. 

Poin penilaian dalam akreditasi ini meliputi penyusunan dan pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana, serta ketersediaan sumber daya manusia sebagai staf pengajar yang memiliki background ilmu yang linear dengan bidang keilmuan Tekpang. Penyusunan kurikulum sendiri telah berstandar pada asosiasi profesi (PATPI, KKNI, Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan), dan pedoman lainnya. 

Dalam prosesnya, Tim Akreditasi Tekpang juga melakukan forum diskusi dengan dosen – dosen senior di bidang terkait dari perguruan tinggi lain untuk turut memberikan masukan terhadap prodi yang baru saja terbentuk ini. Tak hanya akademisi, mereka juga mendapat masukan dari praktisi industri secara langsung, tentang detail kompetensi yang dibutuhkan di industri. Yang tentunya dibantu oleh dosen dan Satuan Penjamin Mutu (SPM) IT Telkom Purwokerto, untuk memastikan adanya ke-khasan dari prodi Tekpang ITTP, yaitu adanya aplikasi di bidang teknologi informasi. 

Dokumentasi saat Tim Dosen ITTP melakukan diskusi dengan Prof. Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc selaku Ketua Bidang III Asosiasi PATPI (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia) dan Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) secara daring

“Akreditasi diawal terbentuknya program studi ini bagi kami sangat penting, yaitu sebagai penanda bahwa program studi ini telah siap untuk menerima mahasiswa baru dan melakukan kegiatan belajar – mengajar yang sudah melalui tahap standarisasi secara nasional, sehingga nantinya apabila mahasiswa ini lulus, ijazahnya dapat digunakan untuk mencari kerja atau mungkin untuk keperluan studi lanjut. 

Harapan kami selanjutnya, yaitu kami mampu meningkatkan nilai akreditasi sebelum mahasiswa lulus menjadi ‘baik sekali’,” ungkap Ajeng Dyah K., S.TP., M.Sc, dosen sekaligus penanggung jawab Prodi S1 Tekpang ITTP. 

Prodi yang baru diresmikan pada 25 Maret 2022 ini fokus pada visinya, yaitu menjadi Program Studi Teknologi Pangan yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi yang fokus pada penguatan di bidang Agroindustri dan Small-Medium Enterprise pada 2027. 

“Dukungan yang diberikan dari pihak institusi dan yayasan juga sangat besar dan berarti bagi prodi Tekpang dari mulai proses awal pembentukan hingga resmi berdiri. Pihak institusi selalu memfasilitasi hal – hal yang kami butuhkan, serta memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan prodi untuk mengembangkan program studi ke arah yang lebih baik,” pesan Nurul Latifasari, S.TP., M.P,  dosen S1 Tekpang dan penanggung jawab kegiatan II.

Dokumentasi saat Tim Dosen ITTP (kanan) melakukan diskusi dengan Dr. Ir Rumpoko Wicaksono, S.P., M.P selaku Kaprodi S1 Teknologi Pangan, Universitas Jenderal Soedirman
Dokumentasi saat Tim Dosen ITTP (kanan) melakukan diskusi dengan Dr. Ir Rumpoko Wicaksono, S.P., M.P selaku Kaprodi S1 Teknologi Pangan, Universitas Jenderal Soedirman

Tentunya pencapaian ini menjadi awal yang baik bagi prodi Teknologi Pangan IT Telkom Purwokerto dan diharapkan dapat mencapai target – target yang lebih baik lainnya. Pengembangan kurikulum dan evaluasi sistem pembelajaran yang diterapkan akan selalu dilakukan agar terus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedepan.

“Setelah SK ini terbit, tentunya kami mengusahakan untuk selalu mengembangkan program studi Tekpang ITTP ini menjadi lebih baik agar nantinya kami juga dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat) juga bisa lebih baik lagi..” lanjutnya.

“Yang ingin kami sampaikan adalah ucapan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi semua pihak terkait yang telah membantu prodi Tekpang untuk sampai pada pencapaian saat ini. Tanpa adanya kerjasama dari semua pihak ketercapaian yang diraih saat ini tentunya tidak bisa terwujud,” pesan keduanya. (ITW)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait