ITTELKOM-PWT.AC.ID – Unit Sentra Inovasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menggelar bincang startup #1, Rabu (29/1). Bertempat di Gedung Rektorat Lt.2, peserta yang berasal dari Dosen, karyawan, dan mahasiswa ini berjalan sangat menarik. Acara dibuka oleh Wakil Rektor bidang 1 Akademik dan Riset, Eka Wahyudi, S.T., M.Eng., dengan narasumber Gede Sangu Gemi (Co-Founder & CEO Laporanku.co.id).

Dalam sambutan wakil rektor mengatakan, berbicara mengenai startup terlebih dengan pakarnya menjadi salah satu kesempatan emas bagi para peserta. Dengan belajar bersama pakar menambah wawasan serta mengasah kemampuan para peserta. “Kami berharap dengan adanya kegiatan bincang startup ini bisa menciptakan feedback positif dalam menumbuhkan minat serta membuka peluang usaha bagi para peserta, khususnya dalam bidang layanan bisnis berbasis digital yang saat ini sedang berkembang,” katanya.

“Di era serba digital, usaha untuk menciptakan perusahaan rintisan dan akses permodalan profit yang didapat bagi pemilik bisa memberikan untung. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membangun startup. Seperti kita harus mengetahui ragam permalasahan dimasyarakat sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka, kemudian mencari pendanaan untuk pengembangan. Paling utama sih, pemula harus menentukan jenis starup apa yang akan kita buat,” jelas Gede.

Acara berlangsung sangat menarik, banyak dari kalangan mahasiswa berminat membangun startup. Mereka menganggap ini adalah bagian dari pengembangan inovasi dan kreatifitas dalam membuka peluang usaha. Faktor yang harus terus ditanamkan oleh para mahasiswa adalah memahami akan nilai dari teknologi yang akan dibuat dengan mempertimbangkan aspek profile atau latar belakang para konsumennya. Sebelum acara berakhir, narasumber dan seluruh peserta mengabadikan momen dengan berfoto bersama.